Kisah Nabi Nuh AS: Kisah Kapal dan Tenggelamnya Penduduk

0
11
Kisah Nabi Nuh
sumber: unsplash (@noah_negishi)

Kisah Nabi Nuh adalah salah satu kisah yang sering diceritakan dalam paparan kisah 25 Nabi dan Rasul. Nabi Nuh disebutkan merupakan rasul pertama yang diutus Allah kepada kaumnya.

Kamu yang saat ini sedang membaca artikel ini pasti sedikit banyak sudah mengetahui bagaimana kisah salah satu Nabi Ulul Azmi ini.

Kisah yang identik dengan banjir, kapal, dan istri serta anaknya yang membangkang. Agar kisah tersebut lebih lengkap diketahui mari simak penjelasannya di artikel ini lebih lanjut.

Baca Juga: Kisah Nabi Sulaiman

Kisah Nabi Nuh
sumber: unsplash (@lazycreekimages)

Kisah Nabi Nuh

Berdasarkan pendapat beberapa ahli sejarah, Nabi Nuh lahir di antara Kota Kufah dan Kota Nahrawain. Sepeninggal Nabi Idris, masyarakat di sana imannya semakin turun dan mereka membuat patung untuk disembah.

Inilah tipu daya iblis yang ingin menyesatkan mereka. Kondisi seperti ini semakin memburuk dikarenakan orang-orang yang menyembah patung semakin banyak.

Sungguh kesesatan yang nyata dan iblis merasa “menang” atas perbuatannya. Tidak ingin ini semakin memburuk, Allah SWT mengutus Nabi Nuh AS untuk berdakwah menyeru mereka untuk meninggalkan perbuatan syirik tersebut dan bertauhid kepada Allah SWT.

Nabi Nuh melakukan hal tersebut sepanjang hari, siang dan malam baik secara terang-terangan atau secara sembunyi-sembunyi dengan mendatangi rumah tersebut satu per satu.

Dakwah beliau berlangsung selama 950 tahun (usia Nabi Nuh diperkirakan sekitar 1000 tahun). Namun, dakwah selama itu nyatanya tidak membuat pengikut Nabi Nuh semakin bertambah.

Selama masa dakwahnya pengikut Nabi Nuh hanya mencapai 80 orang. Nabi Nuh berdoa kepada Allah SWT atas masalahnya tersebut.

Allah SWT menjawab bahwa pengikut Nabi Nuh memang tidak akan bertambah lagi karena yang lain sudah terlarut dalam kesesatan.

Baca Juga: Kisah Nabi Ayub

Kisah Nabi Nuh
sumber: unsplash (@kurokami04)

Musibah Banjir Bandang

Nabi Nuh AS kemudian diperintahkan oleh Allah SWT untuk membuat kapal besar. Penduduk yang tidak beriman pun menertawakan Nabi Nuh bersama kaumnya yang membuat kapal.

Daerah tempat tinggal mereka sangat jauh dari lautan sehingga logikanya tidak mungkin banjir bandang akan terjadi. Tetapi karena patuh dengan perintah Allah Nabi Nuh dan kaumnya tetap membuat kapal.

Nabi Nuh mengajak umatnya dan para makhluk hidup termasuk hewan (jantan dan betina) untuk masuk. Beliau juga mengajak keluarganya tetapi istri dan anaknya yang bernama Kan’an menolak.

Mereka memang tidak beriman kepada Allah SWT. Mereka menentang dakwah Nabi Nuh AS. Akhirnya hujan lebatpun datang mengguyur daerah tersebut.

Pancaran air muncul dari setiap rumah dan menenggelamkan rumah-rumah mereka. Nabi Nuh yang berada di kapal menemukan anaknya Kan’an yang sedang memanjat tebing.

Rasa kasih sayangnya membuat Nabi Nuh mengajak anaknya untuk masuk ke kapal tetapi Kan’an teguh untuk tidak masuk ke kapal dan akhirnya banjir pun menerjangnya dan ia hilang hanyut tertelan banjir.

Waktupun berlalu, bumi menyerap banjir bandang dan tanah mengering. Nabi Nuh beserta kaum dan hewan hewan berhasil selamat dan tak henti hentinya bertasbih kepada Allah.

Baca Juga: Kisah Nabi Ibrahim

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Kisah Nabi Nuh dari mulai masa dakwah hingga tenggelamnya penduduk daerah tempat Nabi Nuh berdakwah.

Hikmah yang bisa diambil dari kisah ini adalah bahwa kita tidak boleh durhaka kepada Allah SWT karena bila durhaka maka siap-siap azab Allah akan datang.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.