KPEI : Pengertian Kliring Penjaminan Efek Indonesia dan Layanannya

0
4892
KPEI

Istilah pasar modal saat ini tentunya sudah tidak asing lagi terlebih buat mereka yang senang berinvestasi.

Jenis investasi yang bisa kamu dapatkan di pasar modal adalah saham. Jenis investasi ini sering menjadi incaran oleh orang kaya.

Sebut saja namanya Tiko.

Ia adalah seorang pengusaha obat herbal. Usahanya telah berkembang sangat pesat. Asetnya terhitung triliunan. Ia memiliki properti, kontrakan, kos-kosan, deposito dan banyak tempat investasi lainnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi Properti untuk Pemula

Sayangnya ia tidak memiliki investasi berupa saham. Ia mendatangi PT. Sekuritas Indonesia untuk bertanya perkara saham karena ia ingin investasi saham di sana.

Manajemen perusahaan tersebut kemudian menjelaskan kepada Tiko bahwa ia telah tepat datang ke perusahaan tersebut. Karena telah terdaftar resmi sebagai anggota Bursa Efek Indonesia dan anggota Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Mendengar ada lembaga Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Tiko bingung karena ini kali pertama ia mendengarnya.

Apakah kamu juga sama seperti Tiko yang belum tahu apa itu KPEI?

Kalau iya, maka kamu berada pada artikel yang tepat. Karena pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang KPEI dan layanannya di Indonesia.

KPEII
sumber: google.com

Pengertian

KPEI adalah singkatan dari Kliring Penjaminan Efek Indonesia. Ini adalah lembaga penjaminan yang turut menentukan arah perkembangan pasar modal di Indonesia.

Untuk menggambarkan KPEI, mari kita bayangkan tentang sebuah pasar.

Dalam sebuah pasar ada banyak orang saling bertransaksi antara pedagang dan pembeli. Nah, pasar ini diibaratkan sebagai Bursa Efek Indonesia.

KPEI dalam ilustrasi ini berperan sebagai kasir yang menghitung hak dan kewajiban dari penjual dan pembeli.

Adapun kalau perkara tempat penyimpanan dan pengambilan barang terdapat di KSEI.

Baca Juga: Kustodian Sentral Efek Indonesia dan Layanannya

Para penjual dan pembeli di Bursa Efek Indonesia adalah anggota bursa. Bagi anggota bursa yang memenuhi persyaratan administrasi sebagai anggota KPEI maka ia secara resmi menjadi anggota KPEI.

Mereka yang tergabung sebagai anggota berhak mendapatkan layanan kliring dan penjaminan dari KPEI.

KPEI
sumber: google.com

Layanan

Setidaknya ada 5 jenis layanan di KPEI. Berikut penjelasan dari kelima layanan tersebut.

1. Jasa Kliring Transaksi Bursa

KPEI berperan sebagai Central Counter Party di Pasar Modal Indonesia. Tugasnya adalah sebagai perantara untuk melakukan inovasi dalam penjaminan penyelesaian transaksi bursa.

Kliring adalah proses perhitungan hak dan kewajiban yang timbul dari transaksi yang telah dilakukan AB di Bursa Efek Indonesia, dan akan diselesaikan pada tanggal penyelesaian. 

KPEI melaksanakan kliring dengan dua cara yaitu :

  1. Netting. Pemenuhan hak dan kewajiban Anggota Kliring dengan menyerahkan atau menerima sejumlah efek tertentu yang ditransaksikan dan untuk menerima atau membayar sejumlah uang untuk seluruh efek yang ditransaksikan.
  2. Trade for trade (per transaksi). Pemenuhan hak dan kewajiban AK untuk setiap transaksi oleh AK jual dan AK beli yang dilakukan secara langsung atas efek yang ditransaksikan.
2. Jasa Kliring Perdagangan SUN-ETP

Obligasi Negara Ritel adalah jenis surat utang yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia melalui Electronic Trading Platform (ETP). Jenis surat utang ini dapat dikliringkan oleh KPEI.

3. Jasa Penjaminan dan Pengelolaan Risiko

KPEI merupakan salah satu Financial Market Infrastructure (FMI). Terkait perannya sebagai central counterparty dalam pasar modal Indonesia harus melakukan pengukuran, pemantauan dan pengelolaan risiko kredit, risiko likuiditas serta risiko pasar.

4. Jasa Pinjam Meminjam Efek

Pinjam Meminjam Efek (PME) adalah kegiatan pinjam-meminjam suatu Efek antara pihak pemilik Efek sebagai Pemberi Pinjaman dengan KPEI sebagai penerima pinjaman. Atau bisa juga antara KPEI sebagai pemberi pinjaman dengan pihak yang membutuhkan Efek sebagai Penerima Pinjaman dengan menyerahkan agunan sebagai jaminan, dalam rangka mendukung aktivitas penyelesaian transaksi bursa.

5. Jasa Pengelolaan Agunan

Selanjutnya adalah jasa pengelolaan agunan. Pengelolaan agunan merupakan perangkat pengendalian risiko yang diterapkan KPEI untuk mengelola risiko kredit counterparty dari Anggota Kliring. 

Agunan adalah dana, efek, dan/atau instrumen keuangan lainnya milik Anggota Kliring sebagai jaminan yang dapat digunakan oleh Lembaga Kliring dan Penjaminan untuk menyelesaikan transaksi bursa dan/atau untuk menyelesaikan kewajiban Anggota Kliring kepada Lembaga Kliring dan Penjaminan.  

Baca Juga: Panduan Investasi Saham untuk Pemula

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang KPEI yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan ini dapat memberikan tambahan wawasan khususnya dalam industri pasar modal.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.