Panduan Lengkap Kredit Mobil Syariah Tanpa Riba

0
10933
kredit mobil syariah

Memiliki kendaraan pribadi berupa mobil sudah tentu menjadi impian banyak orang. Memiliki mobil dapat mempermudah segala aktivitas dan tentunya dapat meningkatkan status sosial seseorang. Selain itu, kamu juga bisa berbakti kepada orang tua ketika punya mobil, karena kamu bisa mengajak mereka jalan-jalan beserta istri dan anakmu. Tapi harga mobil yang mahal seringkali menjadi kendala. Salah satu langkah yang ditempuh untuk bisa memiliki mobil adalah dengan melakukan kredit. Sayangnya banyak orang kredit mobil secara konvensional, padahal saat ini sudah ada kredit mobil syariah.

Kredit mobil syariah adalah sistem pembelian secara tidak tunai sebuah kendaraan yaitu mobil yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Berlainan dengan sistem kredit mobil konvensional yang mengacu pada bunga, pada sistem syariah mengacu pada margin sebagaimana dalam mekanisme jual beli.

Baca Juga: Jual Beli dalam Islam Beserta Contohnya

Mekanisme Kredit Mobil Syariah

Kredit mobil syariah umumnya menggunakan akad murabahah. Apa itu akad murabahah? Gampangnya adalah kamu akan dibiayai kendaraan bermotor yang kamu inginkan dengan harga yang sudah ditambah margin. Kamu bisa membeli kendaraan tersebut dengan cara tidak tunai alias cicil selama tenor yang telah ditentukan.

Kredit Mobil Syariah
Sumber: Unsplash.com

Lembaga-lembaga keuangan syariah seperti bank syariah banyak menawarkan fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor.

Jadi, Bank Syariah akan berlaku sebagai pihak yang akan menjual produk motor tersebut dengan harga yang sudah ditambah margin. Kemudian nasabah dapat membayarnya dengan cara cicilan selama tenor yang telah disepakati. Katakanlah, kamu ingin membeli motor Ninja 250R seharga Rp23 juta. Bank Syariah menambah harga pembelian motor tersebut sebagai margin sebesar Rp1 juta sehingga total biaya yang harus dikeluarkan nasabah adalah Rp24 juta. Dari beberapa pilihan tenor yang ada, kamu memilih tenor 24 bulan. Sehingga kamu akan membayar biaya motor tersebut secara konsisten sebesar Rp 1 juta/ bulan dan ini sifatnya flat tidak akan ada penambahan lain-lain. Beda halnya dengan suku bunga yang dapat berubah kapan saja sesuai dengan perkembangannya.

Baca Juga: Akad Ijarah dalam Ekonomi Islam

Persyaratan untuk Mengajukan Kredit Mobil Syariah

Kredit Mobil Syariah
Sumber: Unsplash.com

Agar kamu bisa mengajukan perihal kredit mobil syariah maka ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Di setiap bank seringkali ada poin yang berbeda terkait persyaratan. Namun, yang umum persyaratakan untuk bisa mendapatkan fasilitas kredit mobil syariah diantaranya:

1) Fotocopy KTP

2) Memiliki Sumber Penghasilan (dibuktikan dengan slip gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir)

3) Memiliki SIM A

4) Jikalau kamu pebisnis, maka perlu untuk disertakan laporan keterangan usaha

Secara umum itulah persyaratan yang harus dipenuhi ketika kamu memang berniat untuk mengajukan Kredit Mobil Syariah.

Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Menggunakan kredit mobil syariah bukan semata-mata hanya karena kehalalannya saja loh. Itu memang benar tetapi ada hal lain yang membuat membeli mobil dengan cara kredit mobil syariah lebih menguntungkan dibandingkan yang konvensional. Apa saja keuntungan tersebut.

1) Lebih aman secara keuntungan karena margin yang ditetapkan bersifat tetap/fix selama masa tenor. Jadi kalau kamu cicilannya tiap bulan adalah 1 juta maka 1 juta itu akan tetap kamu bayarkan tiap bulan sampai masa cicil tersebut habis.

2) Sumber dananya halal karena nasabah meskipun sudah punya penghasilan tetapi penghasilan tersebut haruslah berasal dari hal-hal yang memang Allah halalkan bukan kepada yang Allah haramkan.

Baca Juga: Konsep Makanan Halal dalam Islam

3) Ada denda pinalti, namun peruntukkannya bukan digunakan sebagai operasional atau keuntungan perusahaan tetapi akan dialokasikan sebagai dana sosial sehingga dana yang dikenakan kepada dirimu ketika kamu melakukan kelalaian seperti telat bayar akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.

Kesimpulan

Demikianlah gambaran tentang kredit mobil syariah yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan tentang kredit yang aman dan tentunya sesuai dengan syariah. Namun, perlu diingat bahwa sekalipun kamu punya uang dibandingkan dialokasikan untuk kredit lebih baik dialokasikan untuk investasi di platform investasi syariah.

Jika kamu tertarik dengan konten ekonomi islam seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Ekonomi Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.