Tanpa Riba, Panduan Beli Kredit Motor Syariah yang Berkah

0
13058
Kredit Motor Syariah

Motor sudah menjadi kendaraan yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Kendaraan ini dibutuhkan untuk mempermudah arus mobilitas khususnya mereka yang beraktivitas sebagai pekerja ataupun mahasiswa. Harga motor yang mahal disiasati dengan hadirnya kredit motor yang ditawarkan oleh banyak leasing. Sayangnya banyak leasing yang menggunakan metode kredit dengan cara konvensional yaitu dengan memberikan bunga. Dalam Islam bunga adalah riba dan riba merupakan salah satu dosa besar. Nah, alternatif untuk bisa memiliki motor secara cicil tanpa harus kena riba adalah dengan mengguakan kredit motor syariah.

Salah satu cara untuk bisa mengakses produk kredit motor syariah adalah melalui lembaga keuangan syariah yaitu Bank Syariah.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kredit Mobil Syariah

Kredit Motor Syariah
Sumber: Unsplash.com

Mekanisme Kredit Motor Syariah di Bank Syariah

Pada bank syariah mekanisme yang digunakan untuk produk kredit motor syariah adalah dengan akad murabahah.

Jadi Bank Syariah akan menjual motor yang menjadi pilihan nasabah dengan harga pokok ditambah margin dan nasabah akan membayar motor tersebut dengan cara cicil.

Contoh praktisnya, misal ada seorang pekerja swasta bernama Tiko. Karena lokasi kantornya yang cukup jauh dan tidak terakses oleh kereta maka ia ingin memiliki motor. Tidak cukup uang untuk membeli motor cash alhasil ia mencoba mengambil pembiayaan berupa kredit motor syariah di salah satu bank syariah. Tiko memilih motor seharga 14 juta rupiah dengan tenor 5 tahun. Bank Syariah mengambil margin sebesar 1 juta rupiah sehingga harga motor senilai 15 juta rupiah. Jumlah cicilan yang harus dibayarkan Tiko selama 5 tahun adalah 15 juta/60 bulan = 250 ribu. Artinya Tiko harus membayar cicilan sebesar 250 ribu rupiah per bulan fix/tetap sampai 5 tahun ke depan kepada Bank Syariah.

Persiapan Mengajukan Kredit Motor Syariah

Tentunya kalau kamu ingin memiliki motor melalui kredit motor syariah harus ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Persiapan ini diperlukan agar kamu tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan proses kredit ini. Kira-kira apa saja ya yang harus disiapkan

1. Penghasilan yang Cukup

Memiliki penghasilan yang cukup menjadi poin penting yang harus dimiliki untuk mengajukan kredit syariah. Tanpa adanya penghasilan yang cukup kamu akan lebih aman dalam melakukan transaksi kredit. Selain itu, dengan adanya penghasilan yang cukup Bank Syariah selaku penyedia produk kredit motor syariah akan lebih mudah menyetujui pengajuan kredit motor yang kamu ajukan.

Baca Juga: Bisnis Sampingan yang Ciamik untuk Menambah Penghasilan

2. Amanah

Memiliki sifat amanah adalah penting untuk setiap orang. Sifat amanah akan membawa diri seseorang untuk lebih berhati-hati terhadap sesuatu. Dalam kasus kredit motor syariah, sifat amanah akan menjaga dirimu untuk tetap konsisten membayarkan cicilan bulanan kepada pihak Bank Syariah.

Kredit Motor Syariah
Sumber: unsplash.com
3. Mempersiapkan Berkas-Berkas Legal

Untuk bisa memenuhi syarat pengajuan kredit kamu harus mempersiapkan berkas-berkas legal. Berkas tersebut meliputi Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Slip Gaji (Buat Karyawan), Rekening Koran 3 bulan terakhir, dan Surat Keterangan Izin Usaha (buat yang pengusaha). Berkas-berkas tersebut bisa bertambah tergantung dari kebijakan lembaga keuangan syariah tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah gambaran tentang kredit motor syariah. Buat kamu yang sudah mempersiapkan uang dengan baik maka kamu bisa mencoba untuk mulai mengajukan kreditnya. Meskipun cash lebih baik ya ketimbang kredit. Namun, apabila kamu masih belum cukup uang juga bahkan dengan cara kredit maka kamu bisa mulai dengan berinvestasi di platform investasi syariah.

Untuk kamu yang tertarik dengan topik tentang ekonomi islam atau fikih, kamu bisa cek artikel lainnya di rubrik Ekonomi Islam. Kunjungi juga channel Youtube Qazwa
untuk pembahasan terkait ekonomi islam, bisnis dan keuangan.