La Tahzan : Untuk Kamu yang Merasa Sulit dan Banyak Beban

0
4620
La Tahzan

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya, termasuk kamu diantaranya. Maka satu hal yang perlu diingat, “La Tahzan“.

Ada beragam kisah di hidup ini baik kisah pribadi maupun orang lain yang banyak mengandung hikmah. Perjalanan seorang ayah mencari nafkah. Seorang Ibu membesarkan anaknya.

Seorang suami dalam membina rumah tangga, seorang istri yang loyal terhadap suami. Konflik dan perseturuan bukan hal yang aneh apabila terjadi. Bila kemudian hal tersebut membuat hatimu sakit, maka La Tahzan.

Sesungguhnya cobaan yang telah Allah berikan kepada orang beriman adalah cara Allah untuk membuat orang tersebut naik kelas. Yap, naik kelas di sekolah kehidupan.

Ia juga menjadi perantara serta peringatan bahwa segala apa yang ia miliki sejatinya akan kembali kepada sang Pemilik.

Bukankah Allah telah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 156 yaitu,

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Yang artinya,

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan,“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.”

Dari ayat tersebut, dapat diambil hikmah khususnya pada kalimat inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.Bahwa sejatinya manusia tidak memiliki apapun di dunia. Semua akan kembali kepada hak-Nya sang pemilik segalanya. Oleh sebab itu, La Tahzan.

Baca Juga: Kata-Kata Bijak yang Dapat Menginspirasi Siapapun yang Membaca

La Tahzan
Sumber: unsplash.com

La Tahzan Ada Sesuatu yang Dekat Denganmu

Merasa sedih hingga air mengalir dari lembabnya mata adalah hal yang wajar. Namun, hal tersebut tidak boleh berlebihan. Kamu harus paham bahwa ada sesuatu yang sangat dekat dengan kita.

Siapakah sesuatu yang dimaksud?

Teman? Bukan

Sahabat? Bukan

Pacar? apalagi, haram oy.

Orang Tua? Bahkan ini juga bukan.

Lalu apa yang dekat?

Hal tersebut terjawab dalam firman-Nya di QS. Al-Baqarah ayat 186 yaitu,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Yang artinya,

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Nah, dari sini kamu jelas mengetahui jawabannya. Sesuatu yang sangat dekat dengan kita adalah Allah SWT.

Sesuatu tersebut tidak hanya dekat, tapi Ia juga akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa kepada-Nya. Sehingga saat kamu tertimpa sebuah masalah tidak perlu khawatir. Karena kamu memiliki Allah yang sangat dekat denganmu.

Hal ini juga dipertegas dalam QS. Al -Ghafir ayat 60, yaitu

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Yang artinya,

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina

Baca Juga: Doa untuk Orang Tua yang Tidak Pernah Putus

La Tahzan
Sumber: unsplash.com

La Tahzan Kamu Tidak Sendiri

Pernahkah kamu merasa bahwa hidup ini begitu berat untuk dijalani?

Mungkin itu karena kamu merasa bahwa hidup ini kamu tanggung sendiri. Kamu tidak merasa ada orang-orang yang membantu meringankan bebanmu.

Islam sangat kental dengan konsep Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam)

Ini sesungguhnya sudah menjadi modal dasar agar kamu tidak merasa berat dalam menanggung beban. Ketika kamu paham akan konsep ini maka hidupmu akan terasa ringan.

Karena ada orang-orang yang hadir didekatmu membantu menyelesaikan masalahmu.

Bukankah sesama Muslim ibarat satu tubuh? Sebagaimana sabda Nabi SAW,

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

Kamu yang memiliki kebutuhan dadakan dan tidak memiliki uang, pasti akan hadir orang yang akan membantu memenuhi kebutuhanmu.

Kamu yang tidak memiliki modal untuk berbisnis, pasti akan ada orang yang akan menanamkan modal membantu bisnismu.

Buat kamu yang merasa bahwa sulit mendapat pekerjaa, pasti akan ada orang yang membutuhkanmu untuk bekerja di perusahaannya.

Hal tersebut akan mudah kamu dapatkan selama kamu menanamkan dengan baik konsep Ukhuwah Islamiyah. Tentu tujuan utama dari konsep tersebut bukan materi. Remeh sekali bila Ukhuwah Islamiyah hanya untuk materi. Materi hanyalah efek samping saja.

Bukankah saat menyambung silaturahim rezeki menjadi meningkat? Sebagaimana sabda Nabi SAW,

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Baca Juga: Memperluas Rezeki dan Memparpanjang Umur dengan Silaturahim

Kesimpulan

Pada akhirnya, janganlah kamu bersedih, La Tahzan. Karena Allah selalu ada didekat dirimu dan akan mengabulkan segala permohonanmu.

Tentu dengan syarat, yaitu selama kamu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Juga jangan pernah merasa sendiri, karena umat Islam jumlahnya sangat banyak. Dan muslim adalah satu tubuh. Sehingga kamu akan dipermudah segala urusannya selama kamu bisa menjaga tali ukhuwah antar sesama Muslim.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.