Jikalau kamu Check up itu bukan buat tubuhmu aja loh tapi juga buat keuanganmu.

Kok keuangan di check up ? Kayak orang sakit aja. Et, jangan salah, keuanganmu juga bisa sakit. Maksudnya financial check up adalah kamu mengevaluasi seberapa sehat kondisi keuangan yang kamu miliki. 
Ada banyak indikator untuk mengetahui tingkat kesehatan keuanganmu, tapi hal yang pertama kali harus kamu ketahui adalah financial net worth-nya .

Gimana cara ngukurnya ? simple banget kok.

Untuk mengetahui financial networth , kamu dapat mengukurnya dari sisi asset yang mencakup uang, piutang, dan asset lainnya serta liability (kewajiban) yang berupa hutang. Financial networth kamu bisa dikatakan sehat kalau nilainya positif.

Simplenya, uang dan asset kamu harus lebih banyak ketimbang hutangnya.
Kalau sekarang kondisinya kewajibanmu masih lebih banyak ketimbang assetmu maka segeralah berbenah. 
Gimana caranya?

1. Mendapatkan sumber pendapatan baru, supaya bisa menambahkan sisi asset kamu.

Ada banyak cara agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau kamu bekerja, kamu bisa mencoba sampingan berjualan. Ada banyak bisnis yang bisa kamu coba. Kalau enggak punya modal, kamu bisa pakai sistem dropship atau reseller

2. Tambahkan aset keuanganmu

Kamu bisa menambahkan aset keuanganmu dengan cara berinvestasi. Ada banyak saluran investasi dari yang mulai bermodal kecil seperti reksdana dan fintech sampai yang bermodal besar seperti saham. Tentunya kamu bisa memiliih investasi yang berbasiskan syariah.

3. Kurangi kewajiban keuanganmu.

Kebiasaan seseorang adalah mudah meminjam tapi susah mengembalikan. Termasuk ketika ingin membeli suatu barang. Alih-alih ingin membeli barang murah di awal karena sistem kredit, akhirnya akan kesulitan setelahnya karena masih ada tanggungan cicilan. Maka, belilah apa yang benar-benar kamu butuhkan dan usahakan membeli dengan cara cash agar kamu tidak menambah beban kewajiban

Nah, dengan cara ini bila kondisi keuanganmu sudah lebih banyak asset daripada kewajiban maka selamat karena kondisi keuanganmu sudah tergolong sehat. Kalau belum maka kamu ikutilah 3 cara yang sudah dijabarkan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here