Maqashid syariah : Pengertian, Contoh dan Hikmah

0
4681
maqashid syariah

Setiap aktivitas pasti didalamnya mengandung tujuan. Begitupun sebuah syariah. Maqashid syariah bila diartikan secara bahasa adalah tujuan syariah. Tujuan utama dari maqashid syariah adalah merealisasikan kemanfaatan untuk umat manusia (mashâlih al-’ibâd) baik urusan dunia maupun urusan akhirat mereka.

Tujuan ini disepakati para ulama karena pada dasarnya tidak ada satupun ketentuan dalam syarî’ah yang tidak bertujuan untuk melindungi mashlahah. Terlebih syariah sangat mendorong untuk terciptanya maslahah dalam dua dimensi yaitu dimensi dunia dan dimensi akhirat. Sehingga substansi dari maqashid syariah sendiri adalah maslahah.

Salah satu ulama yaitu Imam Asy-Syatibi merumuskan maqashid syariah ke dalam 5 hal inti.

Apa saja 5 hal tersebut?

1) Hifdzun ad-diin (Menjaga Agama)

2) Hifdzun an-nafs (Menjaga Jiwa)

3) Hifdzun Aql (Menjaga Akal)

4) Hifdzun Nasl (Menjaga Keturunan)

5) Hifdzun Maal (Menjaga Harta)

Yuk bahas satu persatu.

Baca Juga: 4 Sumber Hukum Islam Beserta Contohnya

Menjaga Agama

Maqashid Syariah
Sumber: Unsplash.com

Dalam konteks ini, agama tidak pernah melakukan pemaksaan kehendak. Syari’ah Islam menjaga kebebasan berkeyakinan dan beribadah, tidak boleh ada tekanan dalam beragama sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 256 yang artinya, “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat

Menjaga agama dalam maqashid syariah juga bisa dimaknai sebagai upaya untuk menjaga amalan ibadah seperti shalat, zikir dan sebagainya serta bersikap melawan ketika agama Islam dihina dan dipermalukan.

Menjaga Jiwa

Pernah mendengar sosok Irfan Bahri?

Ia adalah sosok santri yang berasal dari Bekasi. Ia viral karena videonya ketika melawan para begal. Sikap yang diambil oleh Irfan Bahri ketika melawan begal adalah sikap yang tepat terutama dalam poin maqashid syariah yaitu menjaga jiwa. Tindakan yang diambil Irfan mencerminkan perwujudan dari menjaga jiwa.

Hal tersebut mengacu pada hadist Nabi SAW yaitu, “Siapa yang terbunuh karena membela hartanya, maka dia syahid.”

Selain itu, menjaga jiwa juga erat kaitannya untuk menjamin atas hak hidup manusia seluruhnya tanpa terkecuali. Hal ini tercantum dalam QS. Al-Maidah ayat 32 yang artinya,

barangsiapa yang membunuh seorang manusia,bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya

Menjaga Akal

Maqashid Syariah
Sumber: Unsplash.com

Akal adalah sesuatu yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Inilah salah satu yang menyebabkan manusia menjadi makhluk dengan penciptaan terbaik dibandingkan yang lainnya. Akal akan membantu manusia untuk menentukan mana yang baik dan buruk.

Penghargaan Islam terhadap peran akal terdapat pada orang yang berilmu, yang mempergunakan akal-nya untuk memikirkan ayat-ayat Allah. Sebagaimana firman Allah, SWT dalam QS. Ali-Imran ayat 190-191 yang artinya,

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal (190), (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka)

Baca Juga: Panduan Lengkap untuk Kamu yang Mau Hijrah

Menjaga Keturunan

Salah satu poin penting dalam sebuah pernikahan adalah lahirnya generasi penerus yang diharapkan dapat berkontribusi lebih baik.

Keturunan menjadi penting, salah satu yang menvelakai penjagaan keturunan adalah dengan melakukan zina.

Dalam Qur’an, Allah berfirman secara tegas mengenai zina yaitu pada QS. An-Nur ayat 2 yang artinya,

Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali, dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama (hukum) Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian; dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang yang beriman.”

Menjaga Harta

Pembahasan perkara harta lebih ke arah interaksi dalam muamalah. Menjaga harta adalah dengan memastikan bahwa harta yang kamu miliki tidak bersumber dari yang haram. Serta memastikan bahwa harta tersebut didapatkan dengan jalan yang diridhai Allah bukan dengan cara bathil sebagaimana difirmankan Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 188 yang artinya, “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.”

Lebih kurang selain menjaga jiwa, Irfan Bahri juga melakukan pembelaan dalam rangka menjaga harta dari sumber-sumber yang tidak diridhai alias diharamkan dalam Islam.

Baca Juga: Konsep Makanan Halal dalam Islam

Hikmah Maqashid Syariah

Hikmah dari adanya maqashid syariah membuat lebih paham tentang tujuan-tujuan dari sistem syariah. Kelima komponen yang telah dijelaskan sebetulnya memberikan gambaran kehidupan secara keseluruhan. Komponen tersebut lengkap dan maqashid syariah menjadi panduan untuk mengarahkan rangkaian kehidupan ke arah yang lebih maslahah.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang maqashid syariah yang sekiranya penting untuk diketahui. Karena pada dasarnya segala praktik kehidupan kita khususnya umat Islam tidak terlepas dari maqashid syariah. Terlebih dalam praktik ekonomi islam ketika hendak mengeluarkan suatu produk keuangan syariah misalkan maka salah satu faktor yang harus dipertimbangkan adalah terkait maqashid syariah.

Jika kamu tertarik dengan konten ekonomi islam seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Ekonomi Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here