panduan lengkap hijrah

Fenomena hijrah saat ini semakin melejit. Hal ini didorong oleh banyaknya bermunculan artis hijrah yang kemudian membentuk komunitas pengajian bernama Kajian Muda Sakinah Wa Rahmah atau biasa disebut Kajian Musawarah. Tokoh-tokoh tersebut adalah Arie K Untung, Dude Herlino, Dimas Seto, Teuku Wisnu dan beberapa jajaran artis lainnya.

Baca Juga: Inilah Artis-Artis Korea yang Dikabarkan Beragama Islam

Munculnya ustadz-ustadz fenomenal sekaliber Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Hanan Attaki, dan Ustadz-ustadz lainnya semakin menambah semangat berubah menjadi lebih baik buat kawula muda atau generasi milenial saat ini. Mungkin kamu salah satu yang mengalaminya.

Kamu juga bisa melihat banyaknya akun-akun sosial media yang bertujuan untuk dakwah. Banyak dari mereka mensyiarkan ajaran-ajaran islam melalui tulisan bergambar berisi hikmah dan dalil, video kajian tematik, dan sebagainya.

Nah, rasanya menarik bila konsep hijrah dibahas mendalam baik dari segi definisi hingga praktiknya di Indonesia. Yuk, kita bahas!

Panduan Lengkap Hijrah

Konsep Hijrah

Secara bahasa, hijrah berasal dari bahasa arab yang artinya berpindah tempat. Bila mengacu pada sirah nabawiyah, hijrah terjadi tatkala Rasulullah SAW berpindah dari Makkah ke Madinah dengan misi mendakwahkan Islam yaitu dengan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah SWT.

Secara umum, konsep ini didefinisikan sebagai sebuah sikap untuk mengubah hal dari yang buruk menuju perubahan yang lebih baik dengan semata-mata mengharap ridha Allah SWT.

Landasan atas konsep ini didasarkan pada firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 218, yang artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Berbagai Macam Jenis Hijrah

Tentu jenis ini bukan hal yang saklek dan bisa bertambah sewaktu-waktu. Namun, dalam artikel ini akan dibahas jenis hijrah yang umum terjadi khususnya di masyarakat Indonesia.

Panduan Lengkap Hijrah
Hijrah Pemikiran

Bisa juga disebut sebagai hijrah mindset. Margaret Thatcher salah satu perdana menteri inggis pernah mengatakan suatu hal yang sangat bermakna. Ia mengatakan.

Intinya dalam kalimat tersebut Margaret menekankan bahwa segala apa yang terjadi pada hidup kita itu ditentukan dari apa yang kita pikirkan.

Rhonda Byrne dalam bukunya yang fenomenal bernama The Secret juga memaparkan konsep Law of Attraction yang maksudnya adalah bahwa apa yang kamu pikirkan maka itulah yang akan semesta lakukan.

Hal ini sejalan dengan konsep islam yang menekankan bahwa Allah sesuai dengan prasangka hambanya. Hadistnya berbunyi sebagai berikut:

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]”

Pada akhirnya, Islam menganjurkan untuk tetap berpikir positif dan hijrah dari perakara pemikiran yang buruk.

Baca Juga: 5 Rukun islam yang Menjadi Pondasi Seorang Muslim

Hijrah Fashion

Munculnya berbagai macam fashion muslimah yang dihadirkan oleh brand-brand ternama semacam hijup dan vanilla hijab membuat trend pakaian muslimah semakin lebih modern. Stigma yang menganggap bahwa pakain muslimah ketinggalan jaman alias tidak stylish mulai tergerus.

Patut disyukuri bahwa ketika brand tersebut muncul, banyak muslimah di Indonesia yang kemudian mulai tertarik berbusana muslimah yang syar’i namun tetap stylish.

Hijrah Fun

Keinginan untuk mendapatkan hiburan menjadi hal yang seringkali perlu dipenuhi oleh setiap orang. Kamu juga pasti pernah merasakan kejenuhan sehingga memerlukan hiburan. Salah satu hiburan yang sedang banyak diminati adalah trevelling.

Bagi seorang muslim tentunya hiburan yang layak untuk dikonsumsi adalah hiburan yang mengandung value Islam. Menariknya, Indonesia berdasarkan Global Islamic Report 2018-2019 berada pada peringkat ke-4 dunia tentang halal travel.

Hal ini menunjukkan bahwa pada dunia hiburan, Indonesia sudah mulai melakukan transformasi menuju hiburan yang kaya akan value Islam. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya daerah yang mulai menerapkan wisata halal salah satunya Lombok dan Aceh.

Hijrah Finansial

Diantara hijrah yang paling signifikan adalah yang terkait dengan finansial. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya publikasi berupa Global Islamic Finance Report 2019 yang dikeluarkan oleh Cambridge. Pada publikasi tersebut dijelaskan bahwa Indonesia menunduki peringkat pertama untuk keuangan syariahnya.

Hal ini menjadi suatu kebanggaan untuk Indonesia, karena dengan begitu diketahui bahwa Umat Islam mulai sadar akan pentingnya menggunakan instrumen-instrumen keuangan syariah.

Para pelaku keuangan syariah juga semakin bertambah. Salah satu pemain di industri ini adalah Qazwa. Ia adalah platform investasi syariah dengan model P2P Lending. Menghubungkan UMKM dengan investor sehingga UMKM dapat mengakses pembiayaan dengan mudah dan investor dapat berinvestasi dengan lebih aman baik dari sisi dunia maupun akhirat karena Qazwa telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan juga diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi 2019

Kesimpulan

Pada akhirnya, fenomena hijrah yang semakin marak sesungguhnya patut untuk disyukuri. Semoga kamu diantara mereka yang sudah hijrah dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here