7 Peluang Usaha Paling Ajib dan Mantab di 2020

0
1702
Peluang Usaha

Tahun 2020 rasa-rasanya kurang kalau belum memulai usaha. Namun, masih banyak orang yang masih bingung ingin memulai usaha apa.

Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa kamu coba. Lumayan kan kalau kamu mengambil sebuah peluang usaha yang nantinya akan memberikan penghasilan tambahan untuk dirimu.

Bila kamu bingung ingin memulai usaha apa, mungkin artikel ini bisa kamu baca sampai tuntas. Karena kita akan membahas 10 peluang usaha paling mantab dan ajib di tahun 2020.

Yuk simak dengan seksama.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Peluang Usaha
sumber: unsplash.com

Membuka Kursus Online

Mungkin kamu tidak asing dengan startup bernama ruangguru. Sebuah startup yang didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman ini menjadi salah satu pelopor adanya bisnis kursus online.

Sekarang kamu akan banyak menemukan berbagai jenis kursus online. Mulai dari yang mempelajari topik yang general seperti indonesiax.

Ada juga yang memiliki topik-topik khusus seperti digiclass yang khusus membahas soal digital marketing. Ada juga Maslahah Academy yang khusus membahas tentang ekonomi Islam.

Kamu pun bisa untuk mengambil peluang usaha ini. Bermodal laptop saja kamu sudah bisa memulai kursusmu. Buat saja materi dalam bentuk PPT kemudian kamu rekam menggunakan screen recorder.

Atau kalau kamu mau modal sedikit, kamu bisa menggunakan kamera biar wajahmu kelihatan sebagai seorang pengajar.

Peluang Usaha
sumber: google.com

Menjadi Reseller di Saudagar Qazwa

Peluang usaha untuk menjadi reseller sudah banyak digandrungi. Mengapa demikian? karena menjadi reseller memiliki risiko yang kecil.

Kamu bisa memulai menjadi reseller dengan modal yang minim. Jangan gengsi hanya karena kamu menjadi reseller. Nyatanya banyak pengusaha yang sukses memulai usahanya dengan menjadi reseller.

Salah satu peluang usaha menjadi reseller adalah di Saudagar Qazwa. Di sini, kamu bisa memulai usaha bahkan tanpa modal. Karena biaya pendaftaran sebagai reseller di Saudagar Qazwa adalah gratis.

Ditambah kamu akan mendapatkan keuntungan berupa banyaknya produk yang bisa dijual, adanya marketing kit untuk memudahkan menjual, komunitas reseller+edukasi sekolah saudagar yang akan menambah ilmu penjualan serta akses modal syariah.

Menarik, bukan?

Peluang Usaha
sumber: unsplash.com

Usaha Pembuatan Makanan

Kamu pasti menyadari bahwa di setiap tempat pasti selalu ada event. Di setiap event pasti membutuhkan konsumsi.

Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk usaha pembuatan makanan. Kamu bisa menawarkan jasa untuk menyiapkan konsumsi untuk event tersebut.

Salah satu jasa pembuatan makanan yang telah dipakai di banyak event adalah Rose Cake. Ia menjual berbagai macam jenis makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Ada juga kue kering dan kue basah.

Baca Juga: Bingung Cara Memulai Bisnis Kuliner? Ini Caranya

Peluang Usaha
sumber: google.com

Membuka Franchise

Kalau kamu bingung untuk memulai bisnis baru. Maka kamu bisa mencoba dengan membuka franchise.

Keuntungan ketika kamu membuka franchise adalah usaha tersebut sudah memiliki branding. Selain itu, sistem juga sudah terbentuk sehingga kamu tidak perlu membuat sistem sendiri.

Franchise yang bisa kamu coba diantaranya Haus, Kebab Babarafi, Nyoklat dan masih banyak franchise lainnya.

Peluang Usaha
Sumber: unsplash.com

Menjual Ebook

Saat ini ebook cenderung lebih digemari daripada buku biasa. Hal tersebut karena ada beberapa keunggulan yang dimiliki ebook daripada buku hardcopy.

Diantara keunggulannya adalah mudah dibawa, tidak berat, dan bisa dibaca di kegelapan. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha untuk membuat ebook.

Kamu bisa menulis sesuatu yang merupakan expertise dirimu. Katakanlah kamu adalah seorang pebisnis online yang telah menghasilkan omset ratusan juta.

Kamu bisa menuliskan ebook tentang rahasia kesuksesanmu tersebut kemudian dijualnya dengan harga yang bisa kamu tentukan sendiri.

Peluang Usaha
sumber: google.com

Bisnis PLR

Ini adalah peluang usaha yang paling mudah. PLR adalah Private Label Rights. Bisnis PLR adalah bisnis yang saat ini banyak dilakukan oleh para internet marketer.

Simplenya bisnis ini dapat membuat siapapun yang membeli produknya memiliki hak cipta atas produk tersebut.

Mekanismenya seperti ini. Misal, si A adalah seorang pakar SEO. Kemudian ia membuat produk digital berupa ebook dan ecourse tentang SEO.

Kemudian ia menjualnya. Namun, agar penjualannya lebih banyak maka ia menggunakan konsep bisnis PLR. Ia mengizinkan siapapun yang membeli produknya untuk menjadikan produk tersebut menjadi miliknya. Alias hak ciptanya menjadi milik si pembeli.

Kemudian pembeli tersebut bisa menjualnya kembali dengan mengatasnamakan bahwa produk tersebut adalah miliknya.

Peluang Usaha
Sumber: unsplash.com

Membuka Jasa Agency/Konsultan

Bila kamu memiliki pengalaman yang mumpuni bidang bisnis dan manajemen. Maka kamu bisa mencoba peluang usaha sebagai agency atau konsultan.

Peluang usaha yang satu ini sangat menarik untuk dikerjakan. Karena kamu akan bekerja sesuai dengan kebutuhan klien. Dan skillmu akan terasah di bisnis ini.

Misalnya kamu memiliki kemampuan dalam digital marketing. Kemudian kamu menawarkan jasamu untuk menjadi agency digital marketing sebuah perusahaan.

Baca Juga: Digital Marketing dan Industri Halal di Indonesia beserta Contohnya

Maka skill-mu akan terasah dan biasanya perusahaan akan mau bayar mahal untuk agency tersebut. Apalagi kalau hasilnya tidak mengecewakan.

Kesimpulan

Itulah 7 peluang usaha paling mantab dan ajib untuk kamu coba khususnya di tahun 2020. Sayang kan kalau udah di tahun yang baru ini kamu belum memulai untuk membuka usaha.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.