Pembiayaan Syariah

Kebutuhan akan modal untuk sebuah usaha membuat banyak pelaku UMKM akhirnya mencari alternatif penambahan modal dalam bentuk pembiayaan. Sayangnya pelaku UMKM sering terjebak dalam pembiayaan yang mengandung unsur riba. Alhasil, mereka terjebak pada tagihan bunga yang tinggi. Salah satu korbannya adalah SM. Korban yang berasal dari Solo, Jawa Timur melakukan peminjaman untuk pembiayaan modal usaha sebesar 5 juta rupiah. Sayangnya, ketidakmampuan ia membayar pinjaman tersebut membuatnya harus menanggung bunga ditambah denda yang besar. Dari 5 juta yang ia pinjam selama dua bulan, karena tidak mampu bayar ia harus membayar 75 juta. Rugi bandar kan? Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memilih untuk mulai menggunakan pembiayaan syariah.

Pembiayaan Syariah

Apa itu pembiayaan syariah?

Pembiayaan syariah adalah aktivitas memberikan bantuan dana untuk para pelaku usaha/UMKM dengan berlandaskan pada prinsip syariah. Dikarenakan berprinsip syariah maka dana yang diberikan tidak dalam bentuk pinjaman. Karena bila dalam bentuk pinjaman maka tidak boleh ada tambahan didalamnya.

Landasan dari tidak bolehnya ada tambahan/manfaat dari pinjaman adalah hadist Nabi SAW yang artinya, “Setiap pinjaman yang mengandung manfaat adalah riba”

Atas dasar hal tersebut, pembiayaan syariah umumnya dilakukan dalam bentuk jual beli. Skemanya adalah si penyedia pembiayaan akan membantu membelikan barang yang dibutuhkan pelaku UMKM dengan harga yang sudah disepakati+margin.

Baca Juga: Cara Mengetahui dan Menghindari Investasi Bodong

Ilustrasi Sederhana

Misal si A membutuhkan pembiayaan untuk pembelian alat pembuatan kopi untuk usaha coffee shop-nya. Si A dateng ke fintech syariah untuk mengajukan pembiayaan pembelian alat kopi. fintech syariah tersebut melihat harga alat kopi dan ia menaikkan margin sebagai keuntungan. Ketika harga pembelian+margin sudah disepakati antara si A dengan fintech syariah maka fintech syariah akan membelikan alat kopi tersebut dan menjualnya kembali kepada si A yang mana si A membayar dengan cara cicil dengan cicilan yang sudah fix sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati. Skema ini disebut dengan skema murabahah.

Contoh Platform Pemberi Pembiayaan Syariah

Salah satu contoh platform yang memberikan pembiayaan syariah adalah Qazwa. Platform ini bertujuan untuk menghubungkan antara pelaku UMKM dengan investor atau orang yang mau berinvestasi.

Bagaimana skemanya?

Pembahasan dari skema diatas adalah sebagai berikut:

1. Tahap Pertama

Pada tahap pertama ini UMKM mengajukan permohonan proyek pembiayaan kepada Qazwa berupa daftar barang-barang yang diperlukan. Qazwa mendapatkan ujrah atau fee sebagai wakil dari UMKM dalam mencari pemberi dana.

Baca Juga: Akad Ijarah dalam Ekonomi Islam

2. Tahap Kedua

Qazwa mempublikasikan proyek yang telah diverifikasi tersebut di website, sehingga investor dapat langsung mendanai proyek.

3. Tahap Ketiga

Dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk membeli barang kepada mitra supplier/e-commerce distributor yang menjadi mitra Qazwa sesuai kebutuhan UMKM.

4. Tahap Keempat

Barang yang telah dibeli oleh Qazwa kemudian dijual kepada UMKM dengan marjin yang telah disepakati (murabahah). Barang tersebut dikirimkan oleh mitra supplier/e-commerce kepada UMKM.

5. Tahap Kelima

Ketika periode pembiayaan selesai sesuai tenor, UMKM mengembalikan dana awal serta marjin sesuai kesepakatan.

6. Tahap Keenam/Terakhir

Qazwa mengembalikan dana investor beserta marjin sesuai dengan informasi yang ditampilkan di website.

Baca Juga: 6 Jenis Investasi Syariah Online Anti Ribet

Kesimpulan

Nah, itulah gambaran tentang pembiayaan syariah. Buat kamu yang membutuhkan modal untuk usahamu, maka kamu bisa mencoba mekanisme pembiayaan syariah di Qazwa. Atau jika kamu ingin mencoba berinvestasi untuk membantu UMKM menjalankan usahanya maka kamu juga bisa menginvestasikan uangmu di Qazwa, bahkan dengan minimal investasi sebesar Rp5.000. Murah, kan?

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here