Pengertian Haji dan Umroh Lengkap dengan Perbedaannya

0
1648
pengertian haji dan umroh

Tentu kamu masih ingat kelima rukun Islam. Salah satu rukun Islam yang mencantumkan kalimat “bila mampu” adalah haji. Tapi tahukah kamu pengertian haji dan umroh?

Mengapa jika mampu? Karena untuk berangkat haji kamu membutuhkan dua kemampuan yaitu mampu secara fisik juga mampu secara finansial.

Bila kamu tidak mampu secara finansial maka kamu bisa mengambil opsi untuk melaksanakan umroh. Ibadah ini juga sering disebut dengan haji kecil.

Mengapa demikian? karena ada aktivitas haji yang tidak ada di umroh. Penyelenggaraan umroh pun lebih singkat dibandingnkan haj berkisar 9-15 hari.

Baca Juga: Tata Cara Umroh (Harus dilakukan Agar Sesuai Sunnah)

Pengertian Haji dan Umroh
sumber: klik dokter

Pengertian Haji dan Umroh

Secara lughawi atau bahasa Haji memiliki arti yaitu menyengaja atau menuju dan mengunjungi.

Adapun menurut istilah yang diungkapkan oleh para ulama yaitu menuju ke ka’bah untuk melakukan perbuatan-perbuatan tertentu.

Istilah lainnya itu menuju ke tempat tertentu, pada waktu tertentu dan melakukan aktivitas tertentu.

Tempat yang dimaksud adalah baitullah, waktu yang dimaksud adalah waktu haji, dan aktivitas yang dilakukan adalah seluruh rangkaian haji dengan maksud ibadah kepada Allah SWT.

Kemudian menurut pengertian kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) haji adalah rukun islam yang kelima.

Kewajiban ibadah yang harus dilakukan oleh orang Islam yang mampu dengan mengunjungi ka’bah di Masjidil Haram pada bulan haji dan mengamalkan amalan-amalan haji seperti ihram, tawaf, sai, dan wukuf

Dasar hukum haji adalah wajib bagi yang mampu. Karena haji merupakan salah satu rukun Islam.

Terdapat pada QS Ali Imron ayat 97,

فِيهِ ءَايَٰتٌۢ بَيِّنَٰتٌ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

yang artinya, “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah;

Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam

Adapun umroh secara bahasa memiliki arti yaitu berkunjung. Secara istilah ia memiliki makna Tawaf di sekeliling Baitullah dan sai antara Shafa dan Marwah dengan ber-ihram.

Atau definisi lainnya yaitu “Mendatangi Kabah untuk melaksanakan ritual ibadah yaitu melakukan tawaf dan sai

Dasar hukum umroh berbeda dengan haji yang mana umroh sifatnya adalah sunnah. Meskipun ada juga yang menyebutkan bahwa hukumnya wajib meski hanya sekali.

Namun, tetap catatannya adalah jika orang tersebut mampu melaksanakannya.

Dalil atas pelaksanaan ibadah umroh terdapat pada QS. Al-Baqarah ayat 197 yaitu,

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ ۚ

Artinya: “Dan sempurnakanlah haji dan umroh karena Allah ta’ala”

Baca Juga: Rukun Umroh (Pelajari ini Sebelum Berangkat Agar Ibadahnya Sah)

Pengertian Haji dan Umroh
sumber: beritagar

Perbedaan Haji dan Umroh

Pada dasarnya perbedaan haji dan umroh bisa dilihat dari 3 sisi. Dari sisi waktu, rangkaian ibadah, dan hukum.

Dari sisi waktu ibadah umroh lebih fleksibel dibandingkan haji. Ibadah haji harus dikerjakan pada waktu tertentu yaitu pada musim haji.

Adapun umroh bisa dikerjakan kapanpun. Namun, bila kamu ingin mendapatkan pahala umroh setara dengan haji maka kamu bisa mencoba umroh pada bulan Ramadhan.

Hal ini mengacu pada hadist Nabi SAW, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Kemudian dari sisi rangkaian ibadah, haji memiliki kewajiban untuk melaksanakan wukuf di Arafah sedangkan umroh tidak.

Itulah mengapa waktu ibadah umroh lebih singkat dibandingkan haji.

Kemudian dari sisi hukum, karena haji termasuk ke dalam rukun Islam maka hukum atas ibadah ini adalah wajib sedangkan umroh termasuk sunnah.

Meski ada ulama yang juga menyebutkan bahwa umroh termasuk yang wajib jika mampu.

Baca Juga: Perbedaan Haji dan Umroh yang Perlu Kamu Ketahui

Penutup

Demikianlah pengertian haji dan umroh serta perbedaanya yang perlu kamu ketahui sebagai acuanmu untuk memahami kedua ibadah ini.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.