Mau Penghasilan Tambahan? Ikuti 7 Cara Terbaik Ini

0
1137
penghasilan tambahan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki penghasilan tambahan. Bagi kamu yang bekerja dan sudah memiliki penghasilan tetap pasti ingin juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pada dasarnya manusia memang tidak akan pernah puas. Ketika ia telah memiliki satu hal maka ia akan meminta hal lain. Ini sudah merupakan kodratnya manusia.

Termasuk terkait dengan penghasilan tambahan. Bagi mereka yang penghasilannya sudah cukup untuk mendanai kehidupannya sehari-hari pasti masih butuh memiliki tambahan sebagai sarananya untuk menabung atau berinvestasi.

Apalagi bagi mereka yang penghasilannya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Dengan kondisi demikian, pada artikel kali ini akan dibahas setidaknya 7 cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Investasi Pada Emas

Banyak orang yang dikala ia memiliki uang yang banyak maka ia memilih untuk menginvestasiak uang tersebut dalam bentuk emas.

Mengapa demikian?

Karena emas memiliki nilai yang relatif stabil bahkan naik dalam jangka panjang. Sehingga ketika kamu berinvestasi pada emas, maka pada tahun-tahun berikutnya nilai emas kamu akan naik.

Alhasil ketika kamu akan menjualnya maka kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan tersebut.

Misalnya kalau pada tahun 2015, kamu membeli emas 10 gram dengan harga 5 juta. Kemudian pada tahun 2020 emas kamu sudah senilai 7 juta, maka kamu akan mendapatkan keuntungan 2 juta ketika menjualnya.

Baca Juga: Panduan Investasi Emas (Cara Beli dan Hitung Keuntungan)

Penghasilan Tambahan
sumber: unsplash.com

Menjadi Blogger dan Mencantumkan Link Affiliasi

Kamu kenal Yodhia Antariksa?

Ia adalah seorang blogger yang memiliki blog terkenal dalam bidang bisnis dan manajemen bernama strategimanajemen.net. Penghasilan beliau saat ini sudah mencapai puluhan juta hasil dari dia ngeblog.

Bila kamu memiliki ketertarikan di bidang kepenulisan maka kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat blog.

Ketika konten kamu sudah lumayan banyak dan mulai menarik pembaca. Maka kamu bisa mencoba untuk memasang adsense sebagai sumber revenue untuk blogmu.

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar blogmu menghasilkan adalah dengan mencantumkan link affiliasi dalam bentuk banner.

Kalau kamu melihat blog strategimanajemen.net atau spotbisnis.com maka kamu akan melihat adanya banner yang tercantum pada blog tersebut. Nah, dalam banner tersebut telah tercantum link affiliasi mereka.

Dimana ketika kamu mengklik banner tersebut kemudian membeli produk yang ada maka pemilik blog tersebut akan mendapatkan uang/komisi. Kamu juga bisa menerapkannya pada blogmu.

Investasi Properti

Cara selanjutnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah melalui investasi di bidang properti.

Mahal? tidak juga kok.

Ada platform investasi properti yang menawarkan investasi di bidang ini dengan nilai investasi yang tergolong murah yaitu mulai dengan Rp100 ribu.

Platform tersebut adalah propertree.id. Kamu bisa investasi di platform tersebut. Dengan investasi di sana kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa ROI (return on investment) berkisar 11% lebih.

Menjadi Pekerja Lepas

Menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer mungkin juga bisa menjadi pilihanmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa jenis pekerja lepas yang bisa kamu pilih sesuai bidang yang kamu minati.

Ada seorang freelancer yang fokus di bidang kepenulisan seperti penulis artikel, konten sosmed, dan sebagainya. Juga ada yang berfokus pada bidang design. Seperti mendesign logo, proposal, dan sebgainya.

Kamu bisa memilih jenis pekerjaan yang kamu minati. Adapun platform untuk mendapatkan pekerjaan lepas tersebut bisa kamu lihat di sribulancer, freelancer.com, dan projects.co.id

Baca Juga: Kerja Freelance untuk Kamu yang Ingin Dibayar Tanpa Harus ke Kantor

Membuka Jasa Endorse

Buat kamu yang saat ini memiliki followers yang banyak di Instagram atau subscriber yang berlimpah di youtube. Maka kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menawarkan jasa endorse atau paid promote.

Jasa ini kerap dilakukan oleh para selebgram. Mereka memasarkan produk-produk yang meminta jasa mereka untuk dipromosikan melalui akunnya.

Membuka jasa endorse ini bisa menjadi penghasilan tambahanmu karena jasa ini terbilang mudah untuk dikerjakan.

Penghasilan Tambahan
sumber: unsplash.com

Menjadi Website Developer

Kebutuhan akan website saat ini membuat banyaknya orang mencari jasa yang bisa membuatkan website untuk usahanya ataupun untuk dirinya.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan apabila kamu memiliki keahlian dalam membuat website. Biasanya jasa ini akan dihargai dengan harga yang cukup mahal. Bisa berkisar jutaan.

Kalau kamu mau belajar maka kamu sebenarnya bisa untuk mengeksekusinya. Apalagi kalau kamu memiliki kemampuan design. Tentunya ini menjadi nilai plus agar website yang kamu tawarkan bisa menarik bagi calon konsumen.

Investasi di Qazwa

Cara terakhir agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan adalah melalui investasi di Qazwa.

Qazwa adalah platform investasi syariah yang menghubungkan antara investor dengan pemilik UMKM.

Mahal? Enggak kok. Bahkan kamu bisa memulai investasi hanya dengan modal Rp5000. Return yang bisa dihasilkan dari investasi yang kamu lakukan bisa mencapai 24% per tahun.

Menarik, bukan?

Baca Juga: Hijrah Finansial Melalui Investasi Syariah dengan Qazwa

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang cara meraih penghasilan tambahan yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan ini bisa memberikan inspirasi untukmu agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai penopang penghasilan utamamu.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.