Perbedaan Haji dan Umroh yang Perlu Kamu Ketahui

0
110
perbedaan haji dan umroh

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan jika mampu. Bila tidak mampu secara finansial maka bisa diganti dengan umroh. Adakah bedanya? Yap ada perbedaan haji dan umroh.

Mungkin terlihat secara sekilas umroh dan haji memiliki banyak persamaan. Yap karena sebenarnya rangkaian ibadah umroh dan haji memang sama.

Ia berbeda dalam beberapa rangkaian dan ketentuan.

Haji secara bahasa memiliki makna yaitu berkunjung ke tempat yang agung/suci. Diartikan secara istilah, haji adalah berziarah ke tempat tertentu di waktu tertentu.

Aktivitas ziarah tersebut dilakukan dengan melaksanakan amalan-amalan tertentu dengan niat ibadah kepada Allah SWT.

Ziarah yang dimaksud adalah ziarah ke Ka’bah, Padang Arafah, Mina dan Muzdalifah. Kemudian waktu tertentu yang dimaksud yaitu pada bulan-bulan haji.

Selanjutnya adalah ibadah umroh. Ibadah ini sering disebut dengan ibadah haji kecil. Karena memang ada rangkaian haji yang tidak ada pada umroh.

Umroh secara bahasa diartikan sebagai berkunjung ke suatu tempat. Tempat yang dimaksud adalah baitullah atau Makkah Al-Mukarramah.

Perbedaan Haji dan Umroh
sumber: umroh.com

Perbedaan Haji dan Umroh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa meskipun umroh dan haji memiliki banyak kesamaan tetapi kedua ibadah ini tetap ada perbedaannya.

Perbedaan tersebut dapat dilihat dari berbagai sisi seperti hukum, rukun serta waktunya.

Baca Juga: Rukun Umroh

Hukum Haji dan Umroh

Pada sisi hukum, haji memiliki hukum wajib dikerjakan bagi yang mampu. Ia juga termasuk salah satu rukun Islam yang kelima.

Dasar dari wajibnya ibadah haji terdapat pada QS. Ali-Imran ayat 97 yang artinya, “… mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.

Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah MahaKaya, dari semesta alam.”

Adapun untuk ibadah Umroh, ulama berbeda pendapat. Sebagian menyebutkan bahwa hukumnya wajib dikerjakan setidaknya sekali seumur hidup.

Sebagian yang lain menyebutkan hukum ibadah ini adalah sunnah. Landasan atas diwajibkannya umroh oleh para ulama yaitu, QS. Al-Baqarah ayat 196 yang artinya,

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah untuk Allah.”

Adapun ulama yang menyebutkan bahwa ini merupakan ibadah yang hukumnya sunnah dilandaskan pada hadist Nabi SAW, riwayat Jabir bahwa Nabi pernah ditanya mengenai umrah wajib atau tidak.

Beliau menjawab, “Tidak, dan ketika kau umrah maka itu lebih baik bagimu.” (HR. at-Tirmidzi).Meskipun memang hadist ini masih tergolong dhaif.

Perbedaan haji dan umroh
sumber: esq tours and travel

Rukun Haji dan Umroh

Kesamaan antara rukun haji dan umroh adalah terdapat rangkaian diantaranya,

-> Niat Berihram,

-> Tawaf,

-> Sai,

-> Tahallul.

Keempat rangkaian ini sama yang berbeda adalah bahwa adanya wukuf di arafah pada ibadah haji sedangkan umroh tidak ada.

Baca Juga: Paket Umroh Lengkap

Waktu Ibadah

Umroh memiliki waktu yang lebih fleksibel dibandingkan haji. Kamu bisa melaksanakan ibadah umroh kapanpun.

Jadi buat kamu yang memiliki jadwal yang super sibuk masih bisa menyisihkan waktu setidaknya dua minggu untuk umroh.

Berbeda dengan umroh, haji memiliki waktu tertentu. Ia dilaksanakan pada bulan haji. Karena ada aktivitas wukuf di Arafah yang khusus dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Penentuan waktu haji terdapat landasannya. Yaitu terdapat pada QS. Al-Baqarah ayat 197 yang artinya, “Musim haji itu (berlangsung) pada beberapa bulan yang telah diketahui”

Spesifiknya terdapat pada hadist Nabi SAW, Abdullah bin Umar berkata, “Bulan-bulan haji Syawal, Zulqa’dah, dan 10 hari (pertama) Zulhijah” (H.R. Bukhari).

Baca Juga: Umroh (Pengertian, Dalil dan Keutamaannya)

Penutup

Nah itulah penjelasan perbedaan haji dan umroh. Penting untuk kamu ketahui agar kamu tidak salah kaprah dalam memahami kedua ibadah ini.

Saran buat kamu yang saat ini masih belum memiliki cukup uang bisa coba umroh terlebih dahulu.

Setidaknya untuk merasakan sensasi ibadah ke rumah Allah dan mengunjungi makam Rasulullah SAW.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.