Persiapkan Rencana Liburanmu dari Sekarang dengan Cara ini

0
494

Hampir semua orang pasti memiliki keinginan untuk berlibur. Karena liburan adalah salah satu cara untuk menyegarkan diri dari segala aktivitas rutin kita. Baik itu bekerja ataupun kuliah. Kebayangkah kamu kalau dirimu bekerja terus-terusan atau belajar terus-terusan tanpa menyisihkan satu waktu untuk refreshing, apa yang terjadi? Tentunya kamu akan kebawa stress. Makanya refreshing itu penting.

Nah, apakah kamu sudah mempersiapkan uang untuk liburanmu? Bisa enggak sih liburan dengan budget pas-pasan? Nah, pada artikel kali ini akan diberikan tips agar kamu bisa mempersiapkan liburanmu dengan baik secara finansial. Apa saja hal tersebut?

Cari informasi terkait tempat yang akan kamu tuju.

Dunia internet membuat informasi mudah untuk diakses. Ketika kamu ingin liburan maka kamu harus menetapkan tempat mana yang akan kamu tuju dan cari informasi terkait tempat tersebut. Kamu bisa mencoba dua website yang bisa memberitahukanmu terkait informasi tempat wisata yaitu traveloka dan tripadvisor.

Jangan lupa untuk sesuaikan tempat tersebut dengan budget yang sudah kamu siapkan. Semakin jauh tempatnya biasanya semakin mahal budget yang harus kamu siapkan, karena kamu perlu menambah biaya untuk transportasi.

Selain itu, berapa lama kamu akan di lokasi liburan juga menentukan berapa budget yang akan kamu keluarkan. Usahakan durasi dan tempat yang akan kamu tuju menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki sekarang.

Jangan pergi ketika musim liburan.

Waktu liburan seperti libur panjang karena lebaran, tahun baru dan sebagainya memang waktu yang tepat untuk berangkat menyegarkan otak yang sudah penat. Tapi, buat kamu yang budgetnya pas-pasan lebih baik tidak menggunakan waktu tersebut untuk liburan.

Karena harga tiket transportasi seperti pesawat, bis, kereta dan kendaraan lainnya akan naik. Alhasil kamu harus merogoh kocek yang lebih besar. Naiknya harga tiket ketika musim liburan adalah hal wajar dikarenakan permintaan yang juga naik.

Sama halnya kalau lagi musim ramadhan, harga barang-barang seperti daging naik karena permintaan terhadap daging juga sedang naik. Sederhananya dalam teori ekonomi khususnya teori permintaan adalah ketika permintaan terhadap suatu barang naik maka hargapun akan naik.

Jadi, ketimbang memilih waktu liburan seperti tanggal merah/libur panjang untuk jalan-jalan/berwisata. Lebih baik, sisakan waktu di hari lain yang bukan tergolong libur panjang untuk berpergian.

Jangan beli tiket mendadak.

Kalau kamu sudah berencana untuk berpergian, maka jangan tunda untuk membeli tiket. Usahakan kamu beli tiket paling tidak 3 bulan sebelum berangkat. Agar kamu mendapatkan tiket yang murah.

Umumnya mendekati hari keberangkatan harga tiket akan mahal. Oleh karena itu, kamu juga tidak boleh dadakan ketika merencanakan liburan. Selain harga tiket yang semakin mahal ketika mendekati hari keberangkatan, kamu juga bisa berpeluang untuk mendapatkan berbagai diskon menarik yang diberikan oleh pihak penyedia transportasi seperti lion air, garuda dan sebagainya.


Buat rencana perjalanan yang disesuaikan dengan budget.

Kamu tahu itinerary? itinerary adalah daftar rencana perjalanan yang akan kamu lakukan selama berada pada tempat yang kamu kunjungi. Biasanya ini menjadi persyaratan buat kamu kalau mau bikin visa untuk pergi ke suatu negara.

Jepang memerlukan pembuatan itinerary buat mereka yang ingin buat visa untuk pergi ke negeri sakura ini. Selain sebagai persyaratan pembuatan visa. Itinerary dimaksudkan agar kamu dapat mengendalikan uangmu supaya tidak boros. ketika kamu menulis daftar rencana perjalanan, kamu juga bisa memperkirakan budget yang akan kamu keluarkan di setiap tempat yang akan kamu kunjungi dalam daftar tersebut.

Coba bayangkan kalau kamu tidak membuat itinerary terlebih dahulu? Bisa-bisa kamu kebablasan dalam penggunaan uang.


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here