Sahur : alasan disunnahkan Sahur dan Kapan Waktu Sahur Selesai?

0
18957
sahur

Ada dua waktu yang ditunggu ketika bulan puasa. Yaitu waktu sahur dan waktu berbuka. Kedua waktu tersebut memiliki keutamaannya masing-masing.

Tapi sayang banyak orang yang melewatkan waktu sahur begitu saja seakan-akan tidak penting. Banyak diantara mereka yang mengabaikan waktu tersebut karena merasa kuat berpuasa tanpa sahur.

Atau ada juga yang mulai untuk sahur tapi tidak pada waktu yang sesuai sunnah.

Lalu, timbul pernyataan.

Kan yang penting puasanya full sampai maghrib.

Aku Kuat kok gak makan dulu, udah biasa

Sahurnya jam 1 aja biar nanti gak kebablasan

Pernyataan seperti ini perlu untuk dikoreksi. Karena puasa esensinya tidak hanya menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Di setiap waktu di bulan puasa juga memiliki esensinya masing-masing. Termasuk di waktu sahur juga terdapat esensinya yang tidak hanya sekedar makan sebelum shubuh.

Lalu, mengapa orang yang berpuasa disunnahkan untuk sahur?

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan

Sahur
sumber : google.com

Alasannya

Terdapat hadist Nabi yang secara tegas menjelaskan bahwa ada perbedaan antara puasa umat Islam dengan puasa ahli kitab.

Perbedaan tersebut terletak pada sahurnya. Berikut hadistnya, “Beda antara puasa kami (umat Islam) dan puasa Ahli Kitab adalah makan sahur.” (HR. Muslim dan Abu Daud).

Sehingga perkara sahur bukan perkara makan atau tidak. Kuat atau tidak. Tapi inilah anjuran yang memang Rasulullah perintahkan.

Karena di waktu tersebut terdapat keberkahan yang sayang untuk dilewatkan. Sebagaimana hadist Nabi SAW,

“Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.”

(HR Bukhari Muslim)

Dari hadist tersebut dan beberapa hadist lainnya menunjukkan bahwa perintah puasa di dalamnya juga mencakup perintah untuk melaksanakan sahur.

Baca Juga: Puasa Ayyamul Bidh

Manfaat

Ada beberapa manfaat ketika kamu membiasakan untuk bangun sahur.

Pertama, kamu akan membiasakan diri untuk sholat tahajud. Karena waktu mulainya adalah sebelum shubuh sehingga kamu masih bisa menyempatkan diri untuk sholat paling tidak dua raka’at tahajud.

Tentu lebih bagus kalau kamu bisa menambah rakaat sholatmu. Karena tentunya pahala akan berlipat ganda apalagi bulan ramadhan.

Kedua, kamu akan lebih dekat dengan keluarga. Karena diwaktu tersebut, seluruh keluarga terutama ibumu pasti sudah bangun untuk mempersiapkan makan. Ibumu akan membangunkan semua anggota keluarga agar makan bersama.

Disaat itulah kebersamaan dengan keluarga akan terbentuk. Kamu akan lebih dekat dengan keluarga dan paling penting, ini menjadi salah satu bentuk baktimu pada Ibu. Karena sudah mau memakan masakan Ibumu. Hehe dan Insya Allah keberkahan akan menaungi keluargamu.

Sahur
sumber: google.com

Kapan Waktu Afdhal?

Ketika kamu ingin melaksanakan sahur maka dekatkanlah waktu tersebut dengan waktu kumandang adzan atau biasa disebut dengan mengakhirkan waktu sahur.

Mengakhirkan waktu dimaksudkan agar dapat menjaga kekuatan jasmani orang yang berpuasa. Dengan mengakhirkan makan sahur waktu lapar dan dahaga akan menjadi lebih pendek.

Dan Islam adalah agama yang menghendaki kemudahan sebagaimana firman Allah SWT, “Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan tidak menghendaki kesukaran” (QS. al-Baqarah: 185).

Kemudian terkait dengan waktu berakhirnya, bukanlah ketika waktu imsak. Banyak orang salah kaprah terkait dengan waktu berakhirnya amalan ini.

Waktu imsak hanya ada di Indonesia. Ini adalah waktu yang sebenarnya ditujukan kepada umat Islam agar bersiap-siap untuk sholat shubuh. Bukan untuk mengakhiri makannya.

Kamu baru bisa benar-benar mengakhiri makan ketika adzan shubuh telah berkumandang.

Baca Juga: Puasa Senin Kamis

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang sahur yang perlu kamu ketahui. Jadi, meskipun kamu merasa kuat kalau puasa dengan tidak makan sebelumnya maka hilangkan persepsi itu.

Karena ada hal yang lebih penting dari sekedar makan, yaitu keberkahan di waktu tersebut.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.