Fakta Menarik Mie Samyang Halal dari Korea yang Penting Diketahui

0
9076
Samyang Halal

Indomie dan mie sedap adalah merk Indomie yang tentunya sudah tidak asing di telingamu. Kedua merk itu adalah produk mie kemasan yang asli dibuat oleh tangan-tangan handal masyarakat Indonesia.

Namun, ada lagi produk mie kemasan yang dibuat oleh Negeri Korea yaitu Mie Samyang. Kemasannya pun terlihat mencolok karena dibalut dengan bungkus hitam dan ditambah tulisan korea yang melekat pada bungkusnya. Tulisan tersebut juga terbalut dengan warna merah untuk mencirikan sifat mie samyang yang pedas. Dibalik semua itu, masih ada kontroversi dibalik hadirnya produk mie kemasan tersebut yaitu terkait apakah mie samyang halal?

Samyang Halal
Sumber: google.com

Baca Juga: Konsep dan Potensi dari Wisata Halal

Perkara mie samyang halal memang penting untuk diskusikan. Karena kehalalan sebuah produk menjadi poin yang tak bisa terlepaskan dalam kehidupan seorang muslim. Bila seorang muslim memakan makanan yang tidak halal maka dampaknya akan sangat banyak. Mulai dari tidak terkabulkannya doa, merusak hati dan akal, amalan tidak diterima, menjadi pintu masuk neraka, mengurangi iman dalam hati, merusak keturunan, dan menzhalimi diri sendiri.

Nah, kembali pada pembahasan mie samyang halal. Kita harus bersyukur karena sudah ada mie samyang yang bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia, sehingga sebagai Muslim tidak perlu cemas untuk mengkonsumsinya. Namun, kita juga harus cukup waspada karena ada beberapa mie samyang yang tidak bersertifikasi halal karena kandungan di dalamnya yang membuat produk tersebut menjadi haram. Sehingga sebagai seorang muslim, kita harus cermat untuk memilih mana samyang halal dan mana yang haram.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Rumah Syariah tanpa Riba

Samyang Halal
sumber: google.com

Membedakan Mie yang Halal dan Haram

Fenomena mie samyang yang tidak halal memang menjadi kontroversi, pasalnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi merilis bahwa ada empat produk mie asal korea yang positif mengandung babi.

Nah, apa saja sih produk mie samyang yang mengandung babi tersebut?

  1. Mie Instan U-Dong
  2. Mie Instan Rasa Kimchi
  3. Mie Instan Shin Ramyun Black (Dari merk dagang Nogshim)
  4. Mie Instan Yeul Ramen (dari merk dagang Ottogi)

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh BPOM pada 15 Juni 2017, perintah yang digelontarkan dalam rangka menanggapi keberadaan produk tersebut diantaranya:

  1. Importir yang bersangkutan untuk melakukan penarikan produk-produk tersebut dari peredaran.
  2. Pencabutan nomor ijin edar karena tidak sesuai dengan ketentuan.
  3. Public Warning di laman BPOM

Lalu dari pihak pemerintah, khususnya Majelis Ulama Indonesia juga berperan dalam rangka menentukan kehalalan produk. Hal ini termaktub dalam Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Baca Juga: Konsep Makanan Halal dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui

Bicara soal kehalalan produk, sebenarnya Samyang yang beredar di belantara Indonesia sudah mendapatkan pengakuan/sertifikasi halal. Namun, sertifikasi tersebut datangnya dari Federasi Muslim Korea (FMK). Sertifikasi halal tersebut diberikan sudah sejak tahun 2014.

Namun, karena ia masuk ke Indonesia maka ia harus masuk regulasi di Indonesia termasuk perkara kehalalan. Itulah sebab PT. Korinus selaku perusahaan produsen Samyang langsung mengurusi sertifikat halal MUI.

Usaha tersebut berhasil, akhirnya beberapa produk Mie Samyang dinyatakan halal dan telah mendapatkan sertifikasi. Pemberian sertifikasi tersebut terjadi tepat tanggal 28 September 2017. Setelah mendapatkan sertifikasi tersebut, Mie Samyang halal langsung melakukan rebranding dengan menyebut merknya sebagai Samyang Green.

Ada enam produk Samyang halal sesuai ketetapan sertifikat halal nomor 00090084950917 diantaranya:

1. Samyang Hot Chicken Ramen
2. Samyang Hot Chicken Ramen Big Bowl
3. Samyang Hot Chicken Ramen Cup
4. Samyang Hot Chicken Ramen Cheese Flavour
5. Samyang Hot Chicken Ramen Ice Flavour
6. Samyang Hot Chicken Ramen Cheese Flavour Big Bowl

Kesimpulan

Nah, itulah informasi tentang Mie Samyang yang perlu kamu ketahui. Hal ini menjadi penting mengingat Indonesia adalah negara dengan Umat Islam terbesar di Dunia. Terlebih halal menjadi kriteria sangat penting agar hidup tidak hanya sehat tapi juga berkah.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.