Panduan memilih Sekuritas Terbaik untuk Investor Pemula

0
2133
sekuritas terbaik

Dalam dunia pasar modal ada beberapa istilah yang perlu diketahui dan dipahami. Salah satunya adalah sekuritas. Karena sebagai seorang investor atau penanam modal perlu untuk memiliih sekuritas terbaik.

Apa itu sekuritas?

Dilihat dari sisi bahasa, sekuritas berasal dari kata security yang artinya adalah keamanan. Definisi umumnya, sekuritas adalah sebuah surat utang yang memiliki sifat liquid. Artinya surat tersebut dapat dengan mudah dicairkan dalam bentuk tunai/cash.

Apa itu perusahaan sekuritas?

Perusahaan Sekuritas adalah bagian dari Bursa Efek Indonesia. Ia adalah perusahaan yang bergerak pada bidang transaksi sekuritas yaitu jual-beli efek.

Sederhananya, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menjadi jembatan atau penghubung antara investor dengan pasar modal.

Sebuah perusahaan sekuritas harus memiliki lisensi khusus.

Dalam sebuah perusahaan sekuritas, ia memiliki broker yang akan menangani transaksi yang akan dilakukan oleh investor.

Tugas broker adalah memberikan rekomendasi saham mana yang menarik dan waktu kapan yang tepat untuk bertransaksi kepada investor.

Ketika broker memberikan rekomendasi maka itu sudah melalui analisis yang tajam bukan asumsi pribadi.

Baca Juga: Definisi Emiten dan Perusahaan Publik

sekuritas terbaik
sumber: google.com

Panduan Memilih Sekuritas Terbaik

Tercatat pada tahun 2019, perusahaan sekuritas di Indonesia telah berjumlah 109 perusahaan. Hal ini tentu akan menyulitkanmu untuk menentukan mana sekuritas terbaik yang akan kamu pilih.

Karena sekuritas terbaik akan sangat membantu investasimu agar tidak sia-sia dan tentunya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang ajib.

Agar bisa memilih sekuritas terbaik kamu bisa mengikut enam panduan ini:

1. Pilih yang biaya transaksinya kecil

No free lunch, inilah istilah yang sering digunakan untuk menandakan bahwa tidak ada yang gratis. Bahkan buang air aja bayar kan?. Begitupun dalam perusahaan sekuritas.

Ketika kamu menggunakan jasa perusahaan sekuritas dalam transaksi saham yang akan kamu lakukan maka kamu akan dikenakan fee baik dalam transaksi jual ataupun beli.

Nilai atau persentase yang ditetapkan oleh perusahaan sekuritas sebagai fee mereka juga beragam. Bisa sekitar 0,15% untuk transaksi beli dan 0,25% untuk transaksi jual.

Ini tidak saklek, karena setiap perusahaan sekuritas punya biayanya masing-masing.

Pilihlah perusahaan sekuritas yang menerapkan biaya kecil karena ini akan membuat potensi keuntunganmu lebih besar dibandingkan dengan yang biayanya besar. Karena nanti keuntungan dari transaksi sahammu semakin kecil.

2. Kemudahan dalam Pembukaan Rekening

Untuk bisa bertransaksi dengan perusahaan kamu memerlukan buku rekeningt tersendiri.

Beberapa perusahaan sekuritas memberikan kemudahan untukmu agar bisa membuka rekening tanpa harus ke kantor. Caranya mudah, yaitu kamu tinggal mengisi formulir online yang akan dikirimkan via emailmu.

Setelah diisi maka kamu bisa kirimkan formulir yang sudah terisi tersebut melalui kurir atau ekspedisi.

3. Data real time diberikan gratis.

Jika kamu ingin menjadi seorang trader profesional yang tidak hanya menabung dan menunggu untung dari transaksi saham maka kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menyajikan data real time.

Dengan hadirnya data real-time kamu bisa menganalisis kondisi pasar apakah sedang baik atau buruk. Karena kondisi pasar akan mempengaruhi naik atau turunnya nilai saham.

Baca Juga: IHSG adalah informasi penting untuk investor, inilah panduannya!

4. Pilih yang Setoran awalnya Kecil

Perhatikan setoran awal, jangan yang memberatkan keuanganmu. Setiap perusahaan sekuritas memiliki kebijakan dalam hal setoran awal.

Ada perusahaan yang menerapkan setoran awal dengan nilai yang tinggi ada juga yang kecil. Untuk awalan, kamu pilih perusahaan sekuritas yang menerapkan setoran awal dengan nilai yang kecil agar tidak memberatkan keuanganmu.

Setoran awal sama halnya dengan deposit awal. Jadi mekanismenya sama kayak e-money. Ia akan autodebet ketika digunakan untuk membeli slot saham.

sekuritas terbaik
sumber: unsplash.com
5. Memiliki Fasilitas berupa Transaksi Online

Di era digital saat ini dimana setiap hal dipantau melalui dunia maya maka fasilitas transaksi online tentunya juga menjadi pertimbangan perusahaan sekuritas untuk dihadirkan.

Dengan hadirnya fasilitas transaksi online maka kamu akan dengan mudah melakukan transaksi saham. Kamu bisa bertransaksi sambil minum kopi, makan cemilan atau hal lain yang mengasyikkan.

Perusahaan sekuritas terbaik juga pasti akan menghadirkan aplikasi dengan fitur yang lengkap dan powerful seperti adanya berita terkini tentang ekonomi, grafik saham dan indikator-indikator yang memperlihatkan perkembangan saham.

6. Tidak Memiliki Track Record yang buruk

Panduan atau tips yang terakhir untuk memilih sekuritas terbaik adalah dengan mempertimbangkan track record-nya. Perusahaan sekuritas terbaik adalah mereka yang tidak memiliki catatan buruk dalam operasinya.

Salah satu contoh catatan buruk seperti yang dialami oleh PT. Maybank Kim Eng Sekuritas, PT. Mandiri Sekuritas, dan CIMB sekuritas yang pernah mendapatkan teguran dari Bursa Efek Indonesia.

Pilihlah juga perusahaan sekuritas yang memiliki aktivitas transaksi yang tinggi. Karena bila transaksinya tinggi artinya sudah banyak investor yang percaya kepada sekuritas tersebut.

Baca Juga: Bursa Efek Indonesia (Pengertian, Fungsi dan Sejarahnya)

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang sekuritas terbaik serta panduan memilihnya untuk kamu ketahui. Semoga penjelasan ini dapat memberikan tambahan wawasan kamu terutama yang tertarik dalam dunia investasi dan keuangan.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.