Sholat Tahajud : Bacaan, Tata Cara dan Keutamaan

0
79027
Sholat Tahajud

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang tata cara sholat tahajud, niat sholat tahajud serta bacaan sholat tahajud.

Selain melaksanakan shalat wajib 5 waktu yang merupakan ibadah yang paling utama, seorang muslim juga hendaknya melakukan amalan sunnah lainnya salah satunya adalah sholat tahajjud.

Sholat tahajud adalah salah satu sholat yang memiliki keutamaan yang tinggi. Ia adalah shalat yang sering disebutkan dalam Al-Qur’an.

Hebatnya tidak ada sholat sunnah yang diungkapkan keutamaan dan keistimewaannya langsung di dalam Al-Qur’an kecuali surat ini.

Apa hukumnya?

Hukum shalat tahajjud adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam.

Secara hukum memang disunnahkan kepada umat Islam, tetapi Rasulullah SAW adalah manusia yang tidak pernah lepas melaksanakan shalat tahajjud di setiap malamnya.

Meskipun sunnah banyak dikabarkan berbagai keutamaan bahkan hukumnya yang sangat dianjurkan, masih sangat sedikit umat Islam yang istiqamah melaksanakan amalan ini.

Nah biar lebih paham tentang sholat tahajjud mulai dari bacaan, tata cara dan keutamaannya yuk simak artikel ini dengan baik.

Baca Juga: Daftar Asmaul Husna dan Keutamaan Mengamalkannya

Bacaan Niat Tahajud

Mari mulai dengan niat sholat tahajjud. Sebagaimana hadist Nabi SAW yang sering diletakkan pada hadist pertama khususnya di kitab Riyadhus Shalihin dan Arba’i An-Nawawi. Nabi SAW bersabda,

“Setiap amal tergantung pada niatnya”

Termasuk dalam hal ini amalan sholat tahajud tentunya harus diawali dengan niat ketika memulainya.

Lalu, apa niat sholat tahajud?

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan latinnya adalah sebagai berikut:

Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Kemudian terjemahan dari niat tersebut adalah:

Aku niat shalat sunnah tahajjud 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Sebagaimana pada amalan shalat yang lainnya, niat pada sholat tahajud dibacakan sebelum melakukan takbiratul ihram.

Sholat Tahajud
sumber: google.com

Tata Cara

Selanjutnya kita akan membahas tentang tata cara sholat tahajud.

Tahajud berasal dari kata Al-hujud yang artinya bangun dari tidur. Dengan demikian, sholat tahajud dapat dilakukan setelah bangun dari tidur.

Waktu untuk menunaikan sholat ini adalah di sepertiga malam. Bisa sekitar jam 2-3 pagi sebelum adzan shubuh berkumandang.

Pelaksanaan sholat tahajud dilakukan setiap dua rakaat salam. Jumlah rakaat sebenarnya tidak terbatas tetapi bila mengacu pada hadist Nabi SAW, bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (HR. Bukhari)

Sehingga disarankan untuk mengikuti Rasulullah SAW yaitu 11 rakaat ataupun 13 rakaat (termasuk witir).

Baca Juga: Pembahasan Doa Setelah Adzan

Keutamaan

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya bahwa sholat tahajud seringkali disebutkan di dalam al-qur’an.

Beberapa diantara dalil yang menyebutkan adalah:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.

Artinya : “Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan sholat tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan.

Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa sholat tahajud ke tempat yang terpuji.

Meskipun dalam ayat tersebut terlihat bahwa Allah memberi perintah tetapi hukum sholat tahajud tetaplah sunnah.

Kemudian ayat lain yang mejelaskan tentang sholat ini adalah:

(18) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya: 17. di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. 18. dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar. (QS. Az-Zariya: 17-18.)

Kemudian terdapat pula dalam hadist yang mana Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Lalu, apa saja keutamaan shalat tahajud?

1. Dijauhkan dari Azab

Salah satu keutamaan dari melakukan sholat tahajud adalah dijauhkannya dari azab. Kesimpulan ini diambil berdasarkan riwayat hadist berikut:

‘Sebaik-baik hamba adalah ‘Abdullah seandainya ia melakukan shalat pada sebagian malam.’

Akhirnya ‘Abdullah tidak pernah tidur di malam hari kecuali hanya beberapa saat saja.

Ibnu Hajar berkata: “Yang menjadi dalil dari masalah ini adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Sebaik-baik hamba adalah ‘Abdullah seandainya ia melakukan shalat pada sebagian malam.’ Kalimat ini mengindikasikan bahwa orang yang melakukan shalat malam adalah orang yang baik.”[11]

Ia berkata lagi, “Hadits ini menunjukkan bahwa shalat malam bisa menjauhkan orang dari adzab.”

2. Penghapus Dosa dan Pencegah Berbuat Dosa

Sholat tahajud adalah sholat yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang shalih. Semakin ia melakukan ibadah ini semakin ia dekat dengan sang pencipta.

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

Baca Juga: Makna dan Keutamaan Sholawat Nabi

3. Melancarkan Aliran Darah Dalam Tubuh

Keutamaan ini dilihat dari sisi medis. Sholat Tahajud yang dilakukan pada waktu sangat pagi yaitu sekitar pukul 03.00 membuat tubuh menghirup udara yang segar.

Di jam itu kondisi udara memang sedang segar-segarnya. Sehingga ketika dihirup ia akan menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar.

4. Menenangkan Hati

Siapa sih yang tidak ingin hatinya dihinggapi ketenangan. Setiap manusia pasti mengalami masalah, dengan hadirnya ketenangan maka masalah itu terasa kecil.

Dengan melaksanakan sholat tahajud, seorang muslim akan mendapatkan ketenangan di dalam hatinya karena pada waktu itu Allah sedang dekat-dekatnya dengan hambanya.

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” 

Sholat Tahajud
Sumber: google.com
5. Doanya dikabulkan

Dalam keadaan apa saja selama itu dalam kebaikan peluang doa dikabulkan oleh Allah itu ada. Apalagi ketika Allah sedang dalam kondisi terdekat dengan hamba-Nya.

Inilah salah satu keutamaan tahajud yang paling indah. Bukankah hati akan kian gembira ketika doa dikabulkan? Dan peluang dikabulkan doa ketika tahajud sangatlah tinggi.

Kesimpulan

Demikianlah segala hal tentang sholat tahajud termasuk tata cara, bacaan, dan niat yang perlu kamu ketahui. Sholat ini menjadi penting untuk dibahas karena memiliki keutamaan yang luar biasa.

Meskipun demikian, masih banyak umat Islam yang lalai akan sunnah sholat ini. Semoga dengan pengetahuan ini akan menambah keimanan dan ketakwaan sehingga dapat secara perlahan mengistiqomahkan tahajud.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.