Sholawat Nariyah : Arab, Latin, Arti dan Keutamaan Sholawat Nariyah

0
355202
sholawat nariyah

Sholawat adalah perintah Allah SWT. Melafadzkan sholawat adalah bukti dari kecintaan kita kepada Nabi SAW.

Perintah Allah agar hambanya melafadzkan sholawat sangat tegas. Dalam QS. Al-Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya,

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh

Dalam ayat tersebut secara terdapat ketegasan untuk seorang hamba melakukan sholawat. Karena Allah dan para malaikat saja bersholawat kepada Nabi. Dan Allah juga menegaskan untuk orang-orang beriman agar bersholawat.

Narasi sholawat ada beberapa yang diajarkan dalam Islam. Salah satu yang umum adalah sholawat yang dibacakan di setiap waktu sholat. Ada juga sholawat Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim serta sholawat nariyah.

Dalam pembahasan kali ini yang akan dibahas adalah sholawat nariyah.

Baca Juga: Sholawat Nabi (Makna dan Keutamaan bagi Muslim)

Sholawat Nariyah
sumber: google.com

Pengertian dan Lafadz Sholawat Nariyah

Berbicara terkait dengan sejarah sholawat nariyah, sholawat ini disusun oleh Syaikh Nariyah. Tujuan beliau menyusun sholawat ini adalah sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT.

Berikut adalah bacaan sholawat nariyah,

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Dalam bahasa latin, sholawat nariyah berbunyi sebagai berikut,

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu.

Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

Terjemahan dari sholawat tersebut adalah,

“Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan.”

“Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

Baca Juga: Tata Cara dan Keutamaan Sholat Hajat

Sholawat Nariyah
sumber: google.com

Keutamaan

Melafadzkan sholawat tidak hanya menunjukkan rasa cinta kepada Nabi SAW. Tapi ia juga memiliki beberapa keutamaan yang tentunya sayang untuk tidak digapai.

Lalu, apa saja keutamaan dari sholawat tersebut?

Pertama, dikabulkan keinginan. Jikalau memiliki hajat yang harus segera dipenuhi maka perlu ada ikhtiar untuk mencapainya. Tidak hanya ikhtiar tetapi juga berdoa dengan sepenuh hati agar Allah mendengar hajat hamba-Nya.

Salah satu cara agar doa tersebut memiliki nilai yang lebih baik sehingga lebih mudah untuk dikabulkan adalah dengan mengiringinya dengan sholawat.

Kedua, dipermudah rezekinya. Manusia memang sudah ditetapkan rezekinya. Meskipun begitu, tetap menjadi tugas manusia untuk berikhtiar meraih rezeki tersebut.

Salah satu rumus agar rezeki itu bisa dicapai dengan mudah adalah dengan bersholawat. Di setiap doa yang dilafadzkan juga harus diiringi dengan sholawat.

Ketiga, dipermudah urusannya. Rasulullah bersabda bahwa siapa saja yang mengamalkan bacaan sholawat nariyah ini akan memiliki keutamaan yang sangat besar.

Keutamaan tersebut adalah akan dipermudahkan jalannya dan dikabulkan hajat yang diinginkannya.

Baca Juga: Kitab Kuning (Kilas Balik dan Asal-Usulnya)

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan terkait dengan sholawat nariyah. Semoga dengan pembahasan ini dapat meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.