SPT Online : Panduan Melaporkan SPT secara Online

0
868
SPT Online

SPT online adalah surat pemberitahuan tentang perhitungan pajak yang diinformasikan secara online.

Bila dulu pelaporan pajak dilakukan dengan mengisi formulir filling kemudian dikirimkan ke kantor pajak maka saat ini kamu tidak perlu repot-repot melakukan hal yang demikian.

Karena kamu bisa menggunakan fasiltas e-filling yang mana kamu bisa melakukan pelaporan pajak secara online alias SPT online.

Fasilitas SPT online yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik perseorangan ataupun badan usaha. Menariknya, kamu juga bisa melaporkan jenis pajak apa saja.

Kalau melihat sejarahnya, e-filling sebagai sebuah sistem SPT online sebenarnya sudah digunakan sejak tahun 2005. Sayangnya pada waktu itu sistem tersebut buatan perusahaan swasta yang merupakan penyedia jasa aplikasi sehingga masih berbayar.

Baru pada tahun 2012 pemerintah menyediakan fasilitas e-filling secara gratis khusus untuk pelaporan SPT PPh orang pribadi 1770S dan 1770SS.

Lalu, bagaimana panduannya untuk bisa melaporkan SPT online? Itulah yang akan Qazwa bahas pada artikel ini.

Simak yuk!

Baca Juga: SPT (Pengertian, Fungsi dan Ketentuan Pengisian)

SPT Online
sumber: google.com

Syarat-Syarat SPT Online

Ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa melaksanakan pelaporan pajak ini. Syarat-syarat tersebut diantaranya:

a. Telah mendapatkan kode EFIN (Electronic Filing Identification Number). Untuk bisa mendapatkan EFIN maka kamu harus unduh dan isi formulir EFIN yang telah disediakan oleh dirjen pajak.

Lalu, kamu bisa mengajukan EFIN tersebut ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat. Adapun dokumen yang harus kamu bawa diantaranya:

  • Formulir aktivasi EFIN pajak yang sudah dilengkapi
  • Alamat email aktif
  • Fotokopi dan asli KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi dan asli NPWP

Setelah proses pengajuan kamu akan mendapatkan EFIN yang perlu kamu jaga keamanannya. Jangan lupa untuk melakukan aktivasi dari EFIN yang telah kamu terima.

b. SPT baik dalam bentuk lembaran atau elektronik (disampaikan lewat email)

c. Kamu harus sudah terdaftar di online pajak.

Baca Juga: IHSG (Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhinya)

Panduan Melaporkan SPT Online

Sekarang tiba saatnya untuk menjelaskan panduan tentang SPT online yang perlu kamu ketahui. Ingat sebagai warga negara yang baik maka kita perlu bayar pajak.

Langkah pertama dalam melaporkan SPT online adalah dengan masuk ke situs https://djponline.pajak.go.id atau efiling.pajak.go.id.

Ketika sudah masuk ke dalam website tersebut kamu akan diminta untuk memasukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan juga password yang sudah kamu daftarkan pada DJP online. Jangan lupa untuk masukkan kode keamanan. Kemudian klik “Login”.

SPT online

Setelah itu pilih layanan “e-Filing” dan Pilih atau klik “Buat SPT”. Lanjutkan dengan mengikuti panduan pengisian e-Filing dengan menjawab beberapa pertanyaan sebelum masuk ke SPT 1770 S.

Kemudian kamu bisa memilih apakah hendak mengisi SPT dengan formulir atau pertanyaan panduan.

SPT Online

Langkah berikutnya adalah mengisi semua halaman sampai dengan halaman terakhir. Kemudian klik “disini” untuk meminta kode verifikasi. Kode verifikasi akan dikirimkan ke email.

SPT Online

Terakhir adalah menekan tombol “Kirim SPT” dan simpan data yang sudah diisi dengan menekan tombol “simpan”.

Baca Juga: Inilah langkah tepat untuk menghadapi pensiun dini

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang SPT online yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu untuk bisa melakukan pembayaran pajak dengan mudah.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.