Subhanallah Walhamdulillah: Lafadz Dzikir beserta Arti dan Keutamaan

0
531
subhanallah walhamdulillah

Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk berdzikir setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar setiap langkah yang diperbuat oleh seorang muslim benar-benar tepat karena saat ia dzikir maka ia sedang mengingat Allah. Salah satu dzikir yang dianjurkan adalah subhanallah walhamdulillah.

Sebenarnya ada banyak dzikir lainnya seperti:

Istighfar = astaghfirullahal’adzim

Takbir = allahuakbar

Tahlil = laa illaa ha illallah

Dan dzikir-dzikir lainnya yang bisa juga kamu ambil dari asmaul husna (99 nama Allah).

Baca Juga: Daftar Asmaul Husna dan Keutamaannya

Setiap dzikir memiliki makna dan keutamaannya. Kamu bisa berdzikir sesuai dengan peruntukkannya. Bila kamu ingin bertaubat dan diampuni dosa maka kamu bisa berdzikir dengan cara beristighfar.

Bila kamu ingin sesuatu yang lain maka kamu bisa membaca dzikir salah satu dari asmaul husna. Contoh: bila kamu ingin rezeki yang berlimpah maka kamu bisa berdzikir “ya razzaq”.

Dalam kitab Al-Adzkar dijelaskan tentang keutamaan dalam berdzikir, diambil dari hadist Nabi SAW.

وَعَنْ كَعْبٍ بْنِ عُجْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ :(( مُعَقِّباتٌ لاَ يَخِيبُ قَائِلُهُنَّ – أَوْ فَاعِلُهُنَّ – دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوبَةٍ: ثَلاثٌ وَثَلاثونَ تَسْبِيحَةً. وَثَلاثٌ وثَلاَثونَ تَحْمِيدَةً ، وَأرْبَعٌ وَثَلاَثونَ تَكْبِيرَةً )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

artinya,

Dari Ka’ab bin ‘Ujrah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada beberapa kalimat pengikut yang tidak akan merugikan orang yang mengucapkannya—atau melakukannya—di akhir setiap shalat wajib (yaitu), tiga puluh tiga kali tasbih, tiga puluh tiga kali tahmid, dan tiga puluh empat kali takbir.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 597]

Dalam hadist tersebut ada amalan dzikir yang dianjurkan dan sering juga kita lafadzkan setelah menunaikan sholat yaitu,

33x membaca subhanallah

33x membaca alhamdulillah

33x membaca allahuakbar.

Amalan dzikir tersebut dalam penjelasan pada kitab Al-Adzkar merupakan amalan yang kekal atau disebut al-baqiyaat ash-shalihaat yang disebutkan dalam QS. Al-Kahfi ayat 46,

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.

Oke kembali ke topik utama tentang dzikir subhanallah walhamdulillah apa artinya dan bagaimana keutamaaannya?

Baca Juga: Subhannallah (Pengertian, Tulisan Arab, dan Keutamaan)

subhanallah walhamdulillah
sumber: pixabay

Arti Subhanallah Walhamdulillah

Kalimat tersebut mengandung dua kata dzikir yaitu subhanallah dan alhamdulillah. Adapun “wa” adalah kata penyambungnya yang bila diartikan maka artinya adalah, “dan”.

Subhanallah mengandung dua unsur kata yaitu subhana dan Allah. Subhana diambil dari kata sabaha yasbahu subhan yang memiliki arti berenang atau menjauh.

Apa maksudnya? Jangan kemudian diartikan bahwa subhanalah adalah menjauh dari Allah. Tidak demikian. Coba bayangkan orang berenang itu kan menjauh dari satu tepi ke tepi yang lain.

Bila ia melakukannya maka badannya akan menjadi bersih dan suci.

Sehingga maksud dari kata subhanallah adalah maha suci Allah karena Allah terjauhkan dari segala hal-hal negatif.

Kemudian kata alhamdulillah memiliki makna segala puji bagi Allah karena pada dasarnya tidak ada hal lain yang dapat dipuji dengan segla keagungannya kecuali Allah SWT.

Baca Juga: Alhamdulillah (Pengertian, Tulisan Arab, dan Keutamaan)

subhanallah walhamdulillah

sumber: pixabay

Keutamaan

Setiap dzikir memiliki keutamaan, dalam artikel ini akan ditulis 2 keutamaan diantaranya dari dzikir subhanallah walhamdulillah.

Pertama, dihapuskan kesalahannya dan ditulis kebaikannya sebanyak masing-masing 30.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar.

Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan.

Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula.

Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.” (HR. Ahmad No. 8032)

Kedua, dicintai oleh Allah SWT.

Sebagaimana dalam hadist Nabi SAW, Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: (1) Subhanallah, (2) Alhamdulillah, (3) Laa ilaaha illallah, dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai” (HR. Muslim no. 2137).

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang arti dan keutamaan dzikir subhanallah walhamdulillah. Semoga penjelasan ini dapat memotivasimu untuk semangat berdzikir dan terus mengingat Allah dalam setiap keadaan.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.