sukuk ritel

Mencari investasi yang sesuai dengan syariah sekarang sudah bukan masalah lagi. Sudah banyak institusi baik pemerintah maupun swasta yang menyediakan instrumen investasi syariah. Dewasa ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mengeluarkan salah satu instrumen investasi syariah yaitu Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau biasa dikenal dengan sebutan sukuk. Pemerintah mengeluarkan sukuk dalam 2 jenis yaitu sukuk ritel dan sukuk tabungan. Nah, pada artikel ini akan dibahas salah satu jenis sukuk yaitu sukuk ritel.

Sukuk Ritel

Konsep dan Karakteristik Sukuk Ritel

Secara definisi, Sukuk Ritel adalah Surat Berharga Syariah Negara yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Keuangan yang dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual di pasar perdana dalam negeri.

Ada beberapa karakteristik untuk sukuk ritel yang dapat dilihat dari beberapa sisi.

Dari sisi minimal pemesanan, sukuk ritel bisa dipesan dengan modal minimal 1 juta rupiah. Kemudian dari segi jangka waktu/tenor, sukuk ritel memiliki tenor selama 3 tahun. Perdagangan sukuk ritel dapat dilakukan di pasar sekunder sehingga kamu bisa membeli sukuk ritel di pasar sekunder.

Baca Juga: Panduan Lengkap Sukuk untuk Investor Pemula

Keuntungan Investasi Sukuk Ritel

Baru-baru ini pemerintah mengeluarkan sukuk ritel dengan seri SR-011. Jenis sukuk ritel ini memiliki imbal hasil tetap hingga 8,05%. Imbal hasil tersebut menjadi menarik buat kamu yang ingin memulai investasi syariah.

Selain keuntungan imbal hasil yang menggiurkan ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan investasi sukuk ritel, diantaranya:

  1. Karena dikeluarkan oleh pemerintah maka jaminan atas sukuk ini bisa mencapai 100% sehingga risiko yang ditanggung investor sangatlah minim.
  2. Kamu bisa memperdagangkan ini di pasar sekunder sehingga kamu bisa meraih keuntungan lebih cepat sebagaimana ketika bermain di pasar saham.
  3. Pada dasarnya sukuk diperuntukkan untuk proyek-proyek pembangunan negara, sehingga ketika kamu melakukan investasi sukuk maka kamu juga telah berkontribusi dalam pembangunan nasional.
  4. Pembeliannya dapat dilakukan dengan mekanisme yang mudah yaitu dengan empat tahap: buka rekening, sediakan dana, isi formulir dan penjatahan atau setelmen.

Baca Juga: Panduan Lengkap Obligasi untuk Pemula

Risiko Investasi Sukuk Ritel

Adanya jaminan dari pemerintah bukan berarti membuat sukuk jenis ini tidak ada risiko sama sekali. Ada beberapa risiko yang harus siap ditanggung oleh investor ketike memutuskan untuk berinvestasi di jenis sukuk ini. Apa saja risiko tersebut?

  1. Risiko likuiditas yang berakibat investor mengalami kesulitan dalam menjualnya di pasar sekunder dengan harga pasar yang wajar.
  2. Terjadinya fluktuasi yang bisa jadi pada suatu kondisi harga di pasar sekunder menjadi turun akibat naiknya tingkat sukuk bunga.

Baca Juga: 6 Investasi Jangka Panjang untuk Hari Tua

Kesimpulan

Bagi kamu yang tertarik di dunia investasi syariah yang memberikan keuntungan yang menarik dan risiko yang minim maka investasi sukuk jenis ritel bisa menjadi pilihan.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here