Panduan Lengkap Sukuk Tabungan untuk Kamu Ketahui

0
713
sukuk tabungan

Berbicara soal instrumen investasi syariah memang selalu hadir dengan inovasi-inovasi terbaik. Salah satu yang lagi booming adalah instrumen investasi syariah bernama sukuk. Instrumen ini terbagi ke dalam dua jenis sukuk yaitu sukuk tabungan dan sukuk ritel.

Pada artikel kali ini, akan dibahas dengan tuntas salah satu instrumen sukuk yaitu sukuk tabungan.

Apa itu Sukuk Tabungan?

Sukuk tabungan adalah jenis surat berharga syariah negara yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui kementrian keuangan. Ini merupakan salah satu jenis investasi yang aman dari segala macam hukum baik hukum agama yang dibuktikan dengan dikeluarkannya fatwa DSN-MUI dan hukum negara yang dibuktikan dengan tercantumnya jenis instrumen ini didalam undang-undang.

Dikarenakan sudah tercantum dalam fatwa DSN-MUI maka setiap transaksi pada sukuk tabungan telah terbebas dari unsur maysir (perjudian), gharar (ketidakjelasan), dan riba.

Baca Juga: Panduan Investasi Saham untuk Pemula

Karakteristik Sukuk Tabungan

Sukuk Tabungan

Sukuk tabungan memiliki beberapa karakteristik diantaranya:

  1. Pemeasanan/pembelian dari sukuk tersebut cukup dengan nominal 1 juta rupiah.
  2. Tenor yang diberikan untuk sukuk jenis ini adalah selama 2 tahun.
  3. Jenis imbalan diberikan dalam bentuk imbalan mengambang dengan imbalan minimal. Imbalan mengambang adalah imbalan yang disesuaikan dengan perubahan BI 7-Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Adapun imbalan minimal adalah tingkat imbalan pertama yang sudah ditetapkan. Itulah yang akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.
  4. Tidak dapat diperdagangkan atau dialihkan, berbeda dengan sukuk ritel yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder.
  5. Akad yang digunakan adalah akad wakalah.

Baca Juga: 5 Investasi Jangka Pendek Kurang dari 1 Tahun

Keuntungan Sukuk Tabungan

Sukuk tabungan yang baru saja dikeluarkan pemerintah adalah sukuk seri ST005. Sukuk ini memberikan imbal hasil yang cukup menggiurkan yaitu sebesar 7,4%. Selain imbal hasil yang menggiurkan, jenis sukuk ini memiliki fasilitas early redemption. Apa itu?

Early Redemption adalah salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST005 sebelum jatuh tempo. Jadi, uang kamu akan dikembalikan sebagian di awal-awal sebelum masuk jatuh tempo. Sehingga kamu punya uang di awal tanpa menunggu masuknya periode jatuh tempo. Sayangnya fasilitas early redemption ini hanya bisa didapatkan ketika investor menanamkan modalnya pada tingkat harga 2 juta rupiah. Jadi, kalau kamu menanamkan modal hanya 1 juta rupiah maka kamu tidak akan mendapatkan fasilitas early redemption.

Kemudian, karena instrumen ini dikeluarkan oleh negara maka risiko atas instrumen investasi ini tergolong sangat minim karena telah dijamin oleh negara.

Dari sisi pemberian imbalan, sistem pemberian imbalan dilakukan setiap bulan, sehingga kamu bisa menikmati keuntungan atas investasimu tiap bulan.

Baca Juga: Panduan Sukuk Lengkap untuk Investor Pemula

Keuntungan selanjutnya adalah kamu secara tidak langsung turut membantu pembangunan di negeri ini. Terlebih sukuk dengan seri ST005 ini digunakan untuk proyek BMN dan proyek APBN tahun 2019.

Terakhir dari sisi pembelian/pemesanan terhadap jenis sukuk ini tergolong mudah. Seperti halnya sukuk ritel, tahap pembelian/pemesanan dilalui dengan 4 tahap, yaitu: Registrasi, Pemesanan, Pembayaran, dan Konfirmasi. Adapun untuk memulai investasi di instrumen ini kamu bisa melalui mitra distribusi sukuk tabungan diantaranya: BCA, Mandiri, BNI, HSBC dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah penjelasan terkait dengan instrumen investasi syariah yaitu sukuk tabungan. Bila kamu tertarik untuk investasi pada instrumen tersebut, maka kamu bisa memulainya dari sekarang, karena instrumen ini memiliki periode penawaran yang terbatas.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here