Surat Al Isra ayat 23-24: Akhlak Kepada Kedua Orang Tua

0
615
Surat Al Isra ayat 23-24

Surat Al Isra ayat 23-24 berbicara tentang ayah dan ibu. Orang tua adalah sosok yang sangat penting bagi setiap insan. Tidak mungkin kita lahir ke bumi ini hingga dewasa tanpa perawatan dan kasih sayang orang tua.

Sebagai seorang anak maka kita harus memperhatikan sikap kita kepada orang tua. Ada akhlak yang perlu ditanamkan ke dalam diri ketika sedang bersama orang tua.

Islam sebagai agama yang sempurna menjelaskan pentingnya berbakti kepada orang tua. Banyak dalil baik firman Allah maupun hadits Nabi yang berbicara tentang berbakti.

Surat Al Isra pada ayat ke-23 dan 24 menjelaskan tentang hal tersebut. Ayat ini menjelaskan tentang apa saja akhlak yang harus dimiliki oleh anak kepada orang tuanya.

Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas.

Baca Juga: Ar Rum 21 (Ayat yang Sering Dibaca Ketika Menikah)

Surat Al Isra ayat 23-24
sumber: unsplash

Lafadz QS Al Isra 23-24

Pertama-tama mari kita bahas tentang lafadz surat dan ayat tersebut. Lafadz yang terdiri dari tulisan arab, latin, dan terjemahannya.

Al Isra ayat 23,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Latin,

Wa qaḍā rabbuka allā ta’budū illā iyyāhu wa bil-wālidaini iḥsānā, immā yabluganna ‘indakal-kibara aḥaduhumā au kilāhumā fa lā taqul lahumā uffiw wa lā tan-har-humā wa qul lahumā qaulang karīmā

Terjemahan,

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Al-Isra ayat 24

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Latin,

Wakhfiḍ lahumā janāḥaż-żulli minar-raḥmati wa qur rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā

Terjemahan,

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Baca Juga: Konsep Tabarruj

Surat Al Isra ayat 23-24
sumber: unsplash

Makna QS Al-Isra Ayat 23-24

Pada awal ayat ke 23 pada surat Al-Isra ini disebutkan larangan untuk berbuat syirik dan penekanan untuk berbuat baik kepada orang tua.

Melihat penyandingan dua hal tersebut maka dapat diambil hikmah bahwa berbuat baik kepada orang tua adalah hal yang sangat penting sebagaimana pentingnya mentauhidkan Allah.

Hal yang tidak boleh diremehkan dan dianggap enteng. Seringkali kita merasa bahwa berbuat syirik adalah dosa terbesar ternyata dosa itu sama besarnya dengan dosa durhaka kepada orang tua.

Ada perintah dalam ayat ke-23 tersebut untuk tidak mengucapkan “ah”. Yap, sesederhana mengucapkan “ah” saja itu dilarang. Menurut ulama tafsir yaitu Ibnu Katsir, kata “ah” merupakan sebuah kata yang buruk dan paling ringan.

Mengucapkan kata tersebut saja dilarang apalagi kata-kata lain yang lebih menyakitkan.

Redaksi ayat tersebut juga menekankan tentang larangan untuk membentak orang tua sebagaimana yang disampaikan oleh Ibnu Katsir. Kita dilarang untuk melawatn terlebih menggunakan fisik. Dengan ucapan saja tidak dibolehkan.

Menurut Wahbah al-Zuhaili, kata kariim dalam lafadz terakhir dalam surat Al Isra ayat 23 dapat berarti lembut, baik. Artinya bila berucap kedapa orang tua haruslah dengan perkataan yang lembut dan baik.

Jangan ada unsur kesombongan.

Kemudian pada surat Al Isra ayat 24 disebutkan bahwa kita harus merendahkan diri kepada orang tua. “dan rendahkanlah dirimu dihadapan mereka berdua”.

Maksud rendahkan diri di sini adlaah senantiasa mentaati perintah orang tua selama perintahnya tidak melanggar ketentuan syariat.

Kemudian kasihilah mereka dengan mendoakan yang terbaik untuk mereka dan berikanlah apapun yang terbaik yang kita punya sebagai anak kepada mereka.

Baca Juga: Hukum Berpacaran dalam Islam dan Cara Menghindarinya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang surat Al Isra ayat 23-24 beserta lafadz arab, latin, terjemah serta makna yang terkandung di dalamnya. Semoga penjelasan ini dapat meningkatkan bakti kita kepada orang tua.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.