Syarat KPR yang Perlu Kamu Penuhi agar Mendapatkan Rumah Pertama

0
91
syarat kpr

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah rumah atau tempat tinggal. Sandang, pangan, papan. Untuk memiliki tempat tinggal salah satu caranya adalah dengan mengajukan KPR. Namun ada syarat KPR yang harus dipenuhi.

Pernah mendengar istilah KPR? KPR merupakan singkatan dari Kredit Perumahan Rakyat. Tujuan adanya KPR adalah untuk mempermudah masyarakat memiliki rumah dengan cepat.

Mengapa cepat? Yap karena masyarakat tidak perlu mengumpulkan uang seharga rumah. Cukup membayar down payment (DP) saja maka rumah tersebut akan menjadi miliknya.

Contohnya begini, bila kamu saat ini punya gaji sebesar Rp10 juta per bulan. Kemudian kamu memiliki impian untuk memiliki rumah seharga Rp500 juta.

Maka berapa tahun kira-kira uang tersebut akan terkumpul seharga rumah?

Katakanlah 50% dari penghasilan bisa kamu tabung. Artinya Rp5 juta per bulan. Untuk mencapai Rp500 juta per bulan berarti kamu butuh setidaknya 100 bulan.

100 bulan dalam hitungan tahun lebih kurang adalah 8 tahun 3 bulan. Lantas apakah 8 tahun ke depan rumah yang kamu impikan harganya masih sama yaitu Rp500 juta?

Belum tentu, besar kemungkinan harganya akan naik. Alhasil rumah impian tak kunjung terbeli.

Mengapa rumah harus segera dibeli? Salah satu alasannya karena harga properti cenderung naik. Apabila ia tidak segera membeli rumah maka penundaannya akan memakan biaya yang lebih mahal.

Untuk “memotong” fase 8 tahun 3 bulan itu maka kamu bisa memilih opsi KPR. Lebih lengkapnya mari kita bahas.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengajukan KPR Syariah di Bank Syariah

Syarat KPR
sumber: unsplash

Pengertian KPR

KPR adalah mekanisme pembiayaan yang dikeluarkan oleh perbankan untuk memfasilitasi masyarakat untuk memberi rumah. Sistemnya, bank membayar dahulu harga rumah tersebut kemudian nasabah membayar cicil ke bank.

Sudah ada banyak bank yang menyediakan program KPR ini. Dari jenisnya KPR terbagi menjadi dua yaitu:

KPR bersubsidi, yaitu KPR yang diperuntukkan untuk masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Dalam KPR ini masyarakat akan mendapatkan keringanan dan bantuan dana dalam pembelian dan pembangunan rumah.

KPR non subsidi, yaitu KPR yang diperuntukkan untuk masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas. Dalam KPR ini masyarakat tidak mendapat keringanan.

Baca Juga: 5 Tips Memiliki Rumah Syariah tanpa Riba

syarat KPR
sumber: unsplash

Syarat KPR

Ada beberapa syarat yang bisa kamu siapkan agar kamu bisa mendapatkan program KPR.

A. Dokumen pribadi yang terdiri diantaranya: KTP (Kartu Tanda Penduduk) pribadi dan pasangan bila sudah menikah, KK (Kartu Keluarga, paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas), KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap), hingga surat nikah asli dari debitur.

B. Usia minimal adalah 21 tahun. Lalu, bila belum sampai 21 tahun bagaimana? Seminimalnya kamu sudah menikah. Jadi kamu bisa mendapatkan KPR bila umurmu sudah 21 tahun atau minimal sudah menikah.

C. Terdapat informasi pekerjaan dan penghasilan tetap agar risiko atas KPR bisa lebih aman. Bila kamu saat ini belum ada penghasilan tetap maka akan sulit untukmu mendapatkan KPR.

Syarat ini kamu perlu penuhi dengan memberikan slip gaji dan rekening koran. Bila kamu adalah seorang karyawan maka minimal kamu telah bekerja selama 1 tahun dan bila profesional atau wirausaha maka minimal 2 tahun.

D. Bila kamu seorang pengusaha maka siapkan Fotokopi akte perusahaan atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

E. Selanjutnya siapkan fotokopi tagihan bulanan kartu kredit 1 bulan terakhir dan fotokopi kartu kredit.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Pertama agar Tidak Menyesal

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang KPR dan syarat-syarat KPR yang bisa kamu baca lebih lanjut dan kamu juga perlu memikirkan apakah kamu sudah siap untuk menggunakan KPR atau belum.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.