Syarat Menjadi Imam Shalat yang Perlu diketahui Agar Tidak Salah Tunjuk

0
132
syarat menjadi imam

Semua orang bisa menjadi makmum tetapi tidak semua orang bisa menjadi imam dalam sholat berjamaah. Oleh sebab itu kamu harus memahami apa saja syarat menjadi imam sholat agar tidak sembarangan dalam memilih imam.

Imam memiliki tanggung jawab yang besar. Ia adalah penentu apakah sholat yang dikerjakan oleh keseluruhan jamaah sah atau tidak dalam beberapa hal.

Misal, ketika dalam sholat berjamaah kemudian imam batal maka bila ia tidak segera berpindah atau digantikan maka sholat keseluruhan jamaah menjadi tidak sah.

Posisi imam sebenarnya adalah posisi yang mulia tetapi di dalamnya ada tanggung jawab yang besar.

Baca Juga: Hukum Berpacaran dalam Islam serta Cara Menghindarinya

Rasulullah SAW bersabda,

الإِمَامُ ضَامِنٌ

“Fungsi Imam sebagai penjamin”

Oleh sebab itu tidak bisa sembarangan orang yang bisa menjadi imam. Bila orang yang maju menjadi Imam adalah mereka yang tidak memiliki ilmu atau tidak sesuai dengan syarat-syarat yang disyariatkan Islam maka akan berbahaya saat ia melaksanakan sholat.

Bisa-bisa apa yang sebenarnya menjadi rukun sholat tidak ia laksanakan sehingga sholat yang dijalankan menjadi tidak sah.

Penunjukkan menjadi Imam sholat memang bukan perkara mudah. Bahkan ketika Rasulullah SAW tidak mampu untuk memimpin sholat yang mana kondisinya sedang sakit, beliau langsung menunjuk Abu Bakar.

Abu Bakar awalnya menolak tetapi karena ini perintah Rasulullah maka Abu Bakar akhirnya memimpin sholat. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa sekelas Abu Bakar saja merasa berat untuk menjadi Imam apalagi manusia biasa.

Lantas apa saja syarat menjadi imam sholat?

Baca Juga: Doa Orang Terdzolimi

syarat menjadi imam
sumber: pixabay

Syarat Menjadi Imam Sholat

Acuan atas syarat sah menjadi seorang imam sholat terdapat pada hadist Nabi SAW. Diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 673 dari sahabat Abu Mas’ud Al-Anshari.

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللهِ، فَإِنْ كَانُوا فِي الْقِرَاءَةِ سَوَاءً، فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ، فَإِنْ كَانُوا فِي السُّنَّةِ سَوَاءً، فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً، فَإِنْ كَانُوا فِي الْهِجْرَةِ سَوَاءً، فَأَقْدَمُهُمْ سِلْمًا، وَلَا يَؤُمَّنَّ الرَّجُلُ الرَّجُلَ فِي سُلْطَانِهِ، وَلَا يَقْعُدْ فِي بَيْتِهِ عَلَى تَكْرِمَتِهِ إِلَّا بِإِذْنِهِ» قَالَ الْأَشَجُّ فِي رِوَايَتِهِ: مَكَانَ سِلْمًا سِنًّا،

Dari Abu Mas’ud Al-Anshari rhadiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertutur : Yang paling berhak untuk menjadi imam adalah orang yang paling pintar dan paling banyak hafalan Al-Qur’annya,

jika dalam hal itu sama, maka dahulukan yang paling faham dengan sunnah, jika pengetahuan sunnah (dari para kandidat imam) sama, maka dahulukan orang yang lebih dahulu berhijrah,

jika dalam waktu hijrah juga sama, dahulukan orang yang paling dahulu islamnya, dan janganlah seorang mengimami seorang yang memiliki kekuasaan, dan jangan seorang duduk dibangku kemulian milik seseorang kecuali dengan izinnya.” Berkata Al-Asyaj  dalam suatu riwayat : kata “lebih dahulu islamnya” diganti dengan “lebih tua umurnya”.

Baca Juga: Doa Nabi Yunus

Dari hadist tersebut maka dapat disimpulkan beberapa urutan agar seseorang sah menjadi Imam.

A. Paling fasih membaca Al-Qur’an dan paling banyak hafalannya,

B. Paham dengan sunnah,

C. Lama waktu hijrahnya,

D. Orang yang lebih dahulu Islamnya,

E. Orang yang lebih tua.

Dari kelima kriteria tersebut poin yang A adalah yang paling penting. Jadi apabila ada orang masih muda tetapi hafalan Qur’annya banyak maka ia layak menjadi imam.

Oleh sebab itu adalah wajar bila kita menemui banyak Imam yang masih muda. Sayangnya masih banyak yang menganggap ukuran “imam” hanya dari umur.

Sehingga yang sudah tua dipaksa menjadi Imam. Padahal beliau kesulitan dalam melafadzkan dan banyak hafalan Qur’annya yang hilang.

Syarat menjadi imam
sumber: pixabay

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang syarat menjadi Imam sholat. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan keislamanmu khususnya terkait dengan kriteria untuk menjadi imam.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.