Tabungan Emas Pegadaian : Keuntungan, Cara dan Kesimpulan

0
467
Tabungan Emas Pegadaian

Emas saat ini sudah menjadi komoditas investasi yang mulai diminati. Hal ini disebabkan harga emas yang dalam jangka panjang akan naik. Tentu ini sangat menggiurkan, betul kan? Itulah mengapa banyak orang mulai mencoba berinvestasi dengan cara menabung emas dan caranya adalah dengan tabungan emas pegadaian.

Pegadaian saat ini bukan hanya menyediakan fasilitas gadai saja, ia juga menyediakan fasiltas tabung emas yang sekarang sudah sangat populer.

Tabungan emas pegadaian sangat cocok untukmu yang memiliki budget minim. Tidak seperti menabung emas di bank yang minimal beratnya cukup besar, di pegadaian kamu bisa menabung emas mulai dengan berat sebesar 0,01 gram.

Nah, pada artikel ini kamu akan dibawa untuk kenalan dengan tabungan emas pegadaian. apa itu tabungan emas pegadaian dan bagaimana cara memulainya, yuk simak artikel ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi Emas

Tabungan Emas Pegadaian

Apa itu Tabungan Emas Pegadaian?

Tabungan emas pegadaian adalah sebuah jasa yang ditawarkan oleh pegadaian yaitu menitipkan saldo emas guna memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Dengan adanya produk ini, kamu akan lebih mudah melakukan investasi emas. Terlebih, di pegadaian tabungan emasnya lebih murah, aman dan terpercaya.

Baca Juga: Inilah Cara Menabung yang Gurih dan Menghasilkan

Mengapa di Pegadaian?

Betul bahwa ketika kamu ingin memulai investasi emas, kamu bisa melakukan itu di berbagai institusi keuangan tidak hanya di pegadaian. Beberapa institusi seperti bank syariah juga menyediakan fasilitas tabung emas. Tapi, ada hal yang lebih menguntungkan ketika kamu memilih pegadaian sebagai tempat untuk tabung emas.

1. Tersedia di Seluruh Outlet

Produk tabungan emas ini tersedia di seluruh outlet pegadaian dan bisa juga melalui pegadaian digital service sehingga memudahkanmu bertransaksi secara online. Selain itu, kamu juga bisa beli produk ini di agen pegadaian dan marketplace.

2. Murah dan Mudah

Bagi kamu yang penghasilannya pas-pasan, tentu ini menjadi opsi terbaik karena ketika kamu tabung emas di pegadaian biaya administrasi dan pengelolaannya ringan dan ramah kantong. Selain itu, kamu bisa melakukan pembelian tabungan emas mulai dari 0,01 gram. Kemudian order cetak emas dapat kamu lakukan mulai dari kepingan 1 gram dan dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram.

3. Aman dan Menguntungkan

Kamu tidak usah khawatir terhadap risiko ketika kamu melakukan tabung emas, karena pengelolaannya dilakukan secara profesional serta transparan. Selain itu, emas yang kamu beli juga dijamin 24 karat.

Tabung emas di pegadaian juga menguntungkan karena Harga jual dan buybacknya sangat kompetitif. Kamu bisa melakukan buyback mulai dari 1 gram.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Nah, setelah kamu paham alasan mengapa kamu harus tabungan emas pegadaian. Sekarang waktunya kamu untuk memulai menggunakan produk ini. Tapi, sebelum itu ada yang harus kamu siapkan dulu nih.

Apa aja ya?

Slip Gaji?

Sertifikat Tanah?

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi Properti untuk Pemula

Calon Istri?

Tenang, tidak sampai serepot itu kok. Kamu cukup menyiapkan kartu identitas berupa KTP/Paspor, mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas dan menyiapkan uang untuk biaya transaksi tabungan emas. Mudah, kan?

Tabungan Emas Pegadaian

Langkah Selanjutnya?

Setelah kamu beres menyiapkan persyaratan-persyaratan tersebut maka saatnya kamu memulai untuk memiliki tabungan emas pegadaian. Caranya gimana?

Kalau kamu sudah selesai mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas. Kamu harus membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000, kemudian biaya pengelolaan rekening sebesar Rp30.000 dan materai sebesar Rp6.000 dan membeli emas mulai dari 0,01 gram. Terakhir, kamu akan diminta untuk menandatangani buku rekening. Setelah semua beres maka kamu telah resmi memiliki tabungan emas dari pegadaian.

Tapi repot nih kalau harus datang ke outlet, bisa melalui online gak ya?

Baca Juga: Beginilah Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Nah, kalau kamu belum ada watu luang untuk datang ke outlet, pegadaian juga menyediakan platform digital bila kamu ingin memulai membuka tabungan emas.

Caranya gimana?

Kamu harus download dulu aplikasi Pegadaian Digital melalui playstore ataupun appstore. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi. Setelah selesai, kamu bisa memilih menu tabungan emas lalu input data diri dan pilih cabang lokasi pembukaan rekening. Lalu, silahkan lakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang telah kamu pilih. Jikalau sudah selesai membayar, maka rekening tabungan emasmu sudah automatis aktif dan buku tabungan bisa kamu ambil dicabang pendaftaran yang kamu pilih.

Kesimpulan

Seperti itulah tata cara atau panduan tabungan emas pegadaian yang perlu kamu ketahui. Jadi, kalau kamu ingin memulai menabung emas di pegadaian silahkan dicoba ya. Oh ya, panduan ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pegadaian.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here