Tips memiliki Tabungan Umroh untuk Umroh Tahun 2020

0
4042
Tabungan Umroh

Setiap muslim pasti memimpikan untuk dapat pergi ke tanah suci. Mengunjungi rumah Allah dan tempat lahirnya Rasulullah SAW tentu menjadi penyemangat spiritual untuk segera berangkat. Sayangnya, kendala paling umum yang dihadapi ketika ingin berangkat ke sana adalah masalah biaya.

Ada dua ibadah yang mengantarkan seorang muslim ke tanah suci yaitu haji dan umroh. Dari segi waktu, umroh lebih fleksibel dibandingkan haji. Kemudian dari segi biaya, umroh lebih murah dibandingkan haji. Meskipun lebih murah, masih banyak muslim yang belum bisa berangkat karena ketidakmampuan biaya. Kalau kamu ingin berangkat umroh kamu harus merogoh kocek sekitar Rp16 juta- Rp30 juta tergantung travel yang kamu gunakan. Nah, kalau kamu tidak mempersiapkan sekarang maka kamu tidak akan pernah bisa berangkat. Rizky Luxianto, Dosen Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pernah menyebutkan, “Kalau kamu ingin sesuatu maka buktikan kalau kamu benar-benar ingin”. Maksudnya adalah kalau kamu ingin benar-benar berangkat umroh maka buktikan kesungguhan itu, contohnya dengan mulai memiliki tabungan umroh.

Umumnya Bank Syariah mengeluarkan produk tabungan umroh khusus buat mereka yang memiliki niatan untuk berangkat umroh. Biasanya ditawarkan dalam bentuk tabungan berjangka. Bank Syariah Mandiri (BSM) contohnya yang memiliki tabungan mabrur. Tabungan ini ditujukan membantu pelaksanaan ibadah haji & umrah dengan
setoran minimal Rp100.000 di awal dan di tiap bulannya.

Baca Juga: Deposito Syariah dan Praktiknya di Perbankan

Selain perbankan, institusi keuangan lainnya yang bergerak dibidang investasi yaitu bareksa juga menawarkan program tabungan umroh dengan cara menabung Rp50 ribu selama setahun.

Langkah-Langkah Mempersiapkan Tabungan Umroh

Tabungan Umroh

Nah, setelah tahu adanya tabungan umroh untuk membantumu mempersiapkan diri agar bisa ke tanah suci, lalu bagaimana caranya agar tabungan umroh yang akan atau sudah dimiliki tidak sia-sia.

1. Mantapkan Niat untuk Berangkat Umroh

Segala amal bergantung pada niatnya“, ini adalah hadist populer yang dicantumkan pada hadist pertama di Kitab Hadist Arbain dan Riyadhus Shaluihin yang ditulis oleh Imam An-Nawawi. Hadist ini menekankan pada pentingnya niat di setiap amal termasuk dalam hal berangkat umroh. Ketika kamu sudah memantapkan niat untuk berangkat umroh dengan berlandaskan lillahi ta’ala maka kamu akan dengan mudah dan maksimal berikhtiar mencari uang untuk berangkat umroh.

2. Buat Tabungan Umroh

Setelah memantapkan niat, maka langkah selanjutnya untuk membuktikan kesungguhan niat tersebut adalah dengan membuat tabungan umroh. Kamu bisa datang ke Bank Syariah yang terdekat di daerahmu dan mengajukan permohonan untuk membuka tabungan umroh. Beberapa bank yang menyediakan seperti Bank Syariah Mandiri memiliki tabungan mabrur dengan setoran minimal Rp100.000/bulan. Ada juga Bank Muamalat dengan produk Tabungan Muamalat Umrah iB.

Sebenarnya ada juga fasilitas berhutang dulu untuk umroh. Beberapa Bank menyediakan fasiltas tersebut untuk menyegerakan nasabahnya agar bisa berangkat umroh. Namun, fasilitas tersebut tidak disarankan karena bagaimanapun akan lebih baik berangkat umroh tanpa harus menanggung beban hutang sehingga hati menjadi lebih tenang.

Baca Juga: 5 Investasi Jangka Pendek Kurang dari 1 Tahun

3. Konsistensi Menabung

Langkah selanjutnya adalah konsistensi menabung. Memang hal yang paling sulit dari sebuah aktivitas adalah konsistensi atau dalam Islam disebut dengan istiqomah. Meskipun begitu, ia akan sangat mudah apabila sudah terbiasa. Bukankah ada istilah, “ala bisa karena biasa”? Ini menandakan bahwa, kamu sangat bisa untuk konsisten menabung kalau kamu sudah terbiasa menyisihkan uang yang memang diperuntukkan untuk tabungan umroh.

Oleh sebab itu, tips yang bisa kamu coba adalah dengan menyisihkan terlebih dahulu uang yang kamu dapat dari hasil gaji atau profit usahamu untuk tabungan umroh. Jangan menunggu uang sisa, kebanyakan pada akhirnya uang tidak akan tersisa karena sudah habis oleh berbagai macam kebutuhan dan keinginan.

4. Jangan Lupa Sedekah

Terakhir agar keinginan umroh kamu terwujud dan mempercepat tabungan umroh kamu terpenuhi adalah dengan memperbanyak sedekah. Kamu pastinya tahu bahwa sedekah memiliki efek balasan yang luar biasa. Bahkan balasan tersebut berkali-kali lipat. Inilah janji Allah dan itu sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Salah satu tokoh ustadz pelopor sedekah juga mengatakan bahwa setiap ada sebuah permintaan dari seorang hamba maka belilah permintaan tersebut dengan sedekah. Hitung-hitungan yang beliau sering contohkan dengan mengkali-lipatkan nilai sedekah hingga 10x lipat. Misal, kalau kamu ingin umroh dan biaya umroh adalah 20 juta. Jadi, paling tidak kamu sedekah sebesar Rp 2 juta agar impian kamu untuk umroh bisa segera terwujud.

Kesimpulan

Tabungan Umroh

Demikianlah informasi perihal tabungan umroh yang perlu kamu ketahui. Tentunya setelah membaca artikel ini, bila kamu memang punya niat untuk umroh maka buktikan niat tersebut dengan segera memiliki tabungan umroh.


Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.