9 Pilihan Takjil Enak dan Tidak Bikin Gemuk untuk Buka Puasa

0
1699
Takjil

Setiap berbuka puasa pasti yang paling ditunggu-tunggu adalah takjil. Bukan, begitu?

Tidak terasa sekitar dua bulan kurang kita akan masuk bulan yang didalamnya penuh dengan rahmat dan pahala yang berlipat ganda.

Bulan tersebut adalah Bulan Ramadhan. Kamu juga pasti tidak sabar untuk menantinya. Di bulan tersebut setiap amal dilipatgandakan dan setiap maksiat dapat ditahan dengan lebih mudah.

Bulan Ramadhan kita lalui dengan mengerjakan amalan utama yang diwajibkan yaitu puasa ramadhan. Kita memulainya dari mulai adzan shubuh berkumandang hingga adzan maghrib berkumandang.

Sepanjang hari, kita tidak boleh memperturutkan hawa nafsu. Tidak boleh makan dan minum serta tetap menjaga diri agar terhindar dari maksiat.

Tatkala berbuka puasa ada satu hal yang sudah sangat ditunggu-tunggu yaitu hadirnya hidangan berbuka puasa. Orang sering menyebutnya dengan takjil.

Tapi tahukah kamu bahwa takjil bukan bermakna hidangan berbuka puasa. Takjil diambil dari kata bahasa arab yaitu ‘ajila  yang memiliki arti menyegerakan.

Dengan demikian, takjil bermakna untuk menyegerakan berbuka puasa. Bukan hidangan yang disajikan saat berbuka puasa.

Banyak orang salah paham tentang maknanya. Makna ini memang sudah tersebar dan menjadi hal yang lumrah untuk menyebut makanan atau minuman berbuka puasa sebagai takjil.

Tapi kira-kira apa sih hidangan berbuka puasa favoritmu?

Di artikel ini kita akan membahas 9 hidangan buka puasa atau yang biasa orang sebut sebagai takjil. Bisa jadi makanan favoritmu menjadi salah satunya. Yuk simak.

Baca Juga: Konsep Makanan Halal dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui

Takjil
sumber: unsplash.com

1. Es Kelapa Muda

Ini adalah makanan paling banyak dicari ketika berbuka puasa. Kesegaran ketika meminumnya benar-benar menyenangkan hati yang berbuka. Biasanya harga untuk 1 es kelapa muda berkisar Rp3000

2. Es/Sop Buah

Campuran berbagai macam buah dengan kuah sirup yang ditambah es batu tentunya akan menjadi daya tarik ketika berbuka puasa. Es buah juga banyak menjadi incaran PPT (Para Pencari Takjil) hehe.

3. Es Pisang Ijo

Makanan berbuka puasa yang satu ini juga memiliki daya tarik untuk dibeli sebagai takjil. Ini merupakan makanan khas makassar. Es pisang ijo memang memiliki cita rasa yang istimewa. Selain itu, ia juga menyehatkan karena berbahan dasar buah pisang.

4. Kolak

Biasanya orang tua kita seringkali menyediakan kolak untuk hidangan berbuka puasa. Tahukah kamu bahwa kolak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi media para ulama mensyiarkan Islam?

Kalau belum tahu kamu bisa untuk baca lebih lanjut di : Kolak (Asal-Usul Kolak dan Mengapa Menjadi Makanan Favorit Berbuka?)

5. Cappucino Cincau

Takjil yang satu ini akrab disebut capcin. Kamu mungkin juga salah satu penggemarnya. Ini merupakan minuman kopi cappucino yang dicampur dengan cincau.

Minuman ini bisa kamu temukan di pinggir-pinggir jalan dengan harga berkisar Rp5.000 sampai Rp6.000.

6. Lontong

Lontong adalah makanan berbuka puasa yang kerap menjadi incaran PPT. Orang yang memakan makanan ini biasanya ter-mindset akan cepat kenyang. Karena orang Indonesia punya anggapan kalau gak makan nasi berarti belum makan.

Makanan ini akan lebih ajib bila disajikan dengan sambel ulek.

Takjil
sumber: unsplash.com

7. Gorengan

Gorengan dalam hal ini bisa berbagai jenis. Bakwan, tempe, tahu dan sebagainya menjadi makanan yang biasanya wajib ada di setiap hidangan berbuka puasa. Khususnya di masjid-masjid.

Sama halnya seperti lontong, gorengan akan lebih sedap kalau disajikan bersama sambal ulek atau cabai.

Baca Juga: Bingung Cara Memulai Bisnis Kuliner? Inilah Caranya!

8. Es Cendol

Takjil berikutnya adalah es cendol. Minuman yang satu ini juga pas untuk menjadi hidangan berbuka puasa. Bahan-bahan dari minuman ini adalah

  • Cendol hijau
  • Buah nangka
  • Gula merah
  • Garam
  • Santan
  • Daun pandan
  • Air putih

9. Es Oyen

Waduh, apaan tuh? Minuman ini mungkin buat kamu terdengar asing. Ini adalah minuman sejenis es buah. Namun, ia ditambah komponen buah durian sebagai salah satu bahannya.

Biasanya minuman ini ada di daerah Bandung dan sekitarnya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang takjil yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, adakah makanan atau minuman favoritmu tercantum di daftar?

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.