Tata Cara Umroh: Harus Dilakukan Agar Sesuai Sunnah

0
232
Tata Cara Umroh

Salah satu ibadah yang juga disebut sebagai wisata rohani adalah ibadah haji dan umroh. Bagi mereka yang memiliki budget minim bisa dimulai dari umroh. Namun, Kamu perlu tahu tata cara umroh agar sesuai dengan sunnah.

Ada perbedaan antara ibadah haji dan umroh. Ibadah haji dilaksanakan pada waktu tertentu sedangkan umroh tidak memiliki waktu khusus.

Kamu bisa melaksanakan ibadah umroh kapanpun. Salah satu rukunnya juga ada yang membedakan.

Ibadah haji memiliki aktivitas wukuf di arafah sedangkan umroh tidak ada rukun tersebut.

Oke, kembali ke tata cara umroh. Berikut yang perlu kamu lakukan agar ibadahmu sesuai sunnah. Simak artikelnya sampai habis.

tata cara umroh
sumber: unsplash

Menghilangkan Hadast Besar dengan Mandi Junub

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melaksanakan ibadah umroh adalah memastikan bahwa diri kita sudah dalam keadaan suci.

Sebelum kamu berangkat ke Miqat, kamu perlu membersihkan diri menghilangkan hadast dengan melaksanakan mandi wajib atau junub.

Setelah itu disarankan untuk menggunakan wangi-wangian sebagai bagian dari sunnah ibadah.

Baca Juga: Paket Umroh Lengkap Serta Panduannya

Berihram dan Mengambil Niat Dari Miqat

Setelah kamu membersihkan diri, maka langkah berikutnya adalah kamu mulai berihram.

Apa maksudnya? Yap kamu pasti tahu pakaian ihram kan? Ia adalah pakaian putih yang tidak memiliki jahitan.

Kamu harus menggunakan itu selama melaksanakan ibadah umroh. Untuk laki-laki pakaiannya berupa dua lembar kain yang berfungsi sebagai sarung dan penutup pundak.

Adapun untuk wanita diwajibkan untuk menutup seluruh tubuh.

Tata Cara Umroh
sumber: liputan 6

Selama Menuju Makkah Membaca Talbiyah

Ketika kamu telah selesai berihram maka tahap berikutnya adalah kamu melakukan perjalanan menuju Makkah.

Selama kamu menuju kota suci tersebut, kamu disunnahkan untuk mengucapkan talbiyah, yaitu doa yang berbunyi:

Labbaik allahumma labbaik. labbaik laa syariika laka labbaik. innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak

Artinya:

“Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu, aku menjawab panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.”

Masuk ke Masjidil Haram dan Mencium Hajar Aswad

Langkah berikutnya adalah kamu masuk ke masjidil haram. Sebagaimana masuk ke masjid pada umumnya kamu perlu membaca doa masuk masjid dan mendahului kaki kanan.

Bila memungkinkan, kamu juga disunnahkan untuk mencium Hajar Aswad serta mengusap batu tersebut.

Bila hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan dikarenakan penuh sesak dan berbahaya bila harus mendekat maka kamu bisa menggantinya dengan isyarat lambaian tangan.

7 Kali Tawaf

Rangkaian ibadah umroh yang juga tidak boleh dilupakan adalah melaksanakan tawaf. Aktivitas tawaf ini dilakukan sebanyak 7 kali.

Tawaf dilakukan mulai dari Hajar Aswad hingga berakhir di Hajar Aswad kembali. 3 putaran pertama dilakukan dengan lari-lari kecil kemudian 4 putaran berikutnya bisa berjalan biasa.

Baca Juga: Rukun Umroh

Dua Rakaat Sholat Depan Makam Ibrahim

Selanjutnya, kamu disunnahkan melaksanakan dua rakaat di depan makam Nabi Ibrahim AS. Disunnahkan juga untuk kamu membaca dua surat pada masing-masing rakaat.

Dua surat yang disunnahkan adalah Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Tata Cara umroh
Sumber: safana Tour and Travel

Meminum Air Zam-Zam

Beberapa ibadah telah ditunaikan, saatnya kamu untuk istirahat sejenak dan meminum air zam-zam. Ada doa yang disunnahkan untuk diucapkan ketika meminum air ini.

Berikut doanya:

Allahumma inni asaluka ilman nafian wa rizqon waasian wa syifaan min kuli daain wa saqomin bi rohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya:

“Ya Allah aku mohon padamu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit”

Sai 7 Kali

Aktivitas lari-lari kecil diantara Bukit Safa dan Marwah adalah salah satu tata cara umroh yang juga perlu kamu lakukan.

Aktivitas ini kamu perlu lakukan sebanyak 7 kali. Sebagai informasi tambahan, sejarah adanya Sai adalah ketika Siti Hajar hendak mencari mata air untuk minum Nabi Ismail A.S yang saat itu masih kecil.

Setelah bolak balik 7 kali antara Bukit Shafa dan Marwah, Siti Hajar akhirnya mendapatkan mata air yang kemudian disebut air zam-zam.

Doa yang disunnahkan ketika kamu berada di Bukit Shafa adalah sebagai berikut:

“Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, walillaahil hamdu, AllaahuAkbar, ‘alaamaa hadaanaa walhamdulillahi ‘alamaa aulaana, Laa ilaaha illaallahu wahdahu la syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu biyadihil khaiiru wahuwa ‘alaa kulli syai inqadiir.

Laa ilaaha illallahu wahdahu lasyarika lah, anjaza wa’dahu wanasara ‘abdahu wahazamal ahzaaba wahdah, laa ilaha illallahu walana’ budu illaa iyyaahu mukhilisiina lahuddiina walau karihal kaafiruun.”

Baca Juga: 5 Pasti Umroh

Tahallul

Inilah tata cara umroh yang terakhir yaitu memotong rambut hingga minimal 3 helai untuk perempuan dan cukur habis untuk laki-laki atau disebut juga dengan tahallul.

Aktivitas ini sebagai tanda berakhirnya serangkaian aktivitas ibadah umroh yang telah dilakukan sebelumnya.

Penutup

Nah itulah 9 tata cara umroh yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui tata cara ini kamu diharapkan lebih siap untuk melaksanakan umroh.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.