Tips Mencari Partner untuk Bisnismu Agar Bisa Berkelanjutan

0
776
tips mencari partner untuk bisnismu

Kalau kamu membangun bisnis apalagi membangun sebuah startup, tentunya kamu membutuhkan partner untuk membangun bisnis tersebut. Kalau kamu sendirian niscaya kamu tidak akan sanggup menjalankannya. Ada pepatah mengatakan, “ringan sama dijinjing berat sama dipikul”. Tapi, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih partner bisnis.

Kamu harus benar-benar selektif, karena memilih rekan bisnis seperti halnya memilih partner hidup. Masa depanmu dipertaruhkan loh. Banyak sekali kasus kegagalan bisnis dikarenakan salah memilih partner. Partnernya kaburlah, tidak menjalankan tugas dengan baik, demotivasi dan sebagainya.

Masalah tersebut akan menimbulkan kekacauan dalam bisnismu. Akibat fatalnya, bisnis kamu bisa collapse. Nah, ada tips nih buat kamu agar bisa mendapatkan partner bisnis yang tepat. Tips ini didasarkan pada ajaran islam. Apa saja tipsnya?

Carilah partner yang jujur

Mencari partner yang jujur adalah kunci penting untuk menjalankan bisnis. Jangan sampai kamu kerepotan bahkan bisnis kamu terancam karena partnermu tidak jujur. Kamu bisa melihat kejujuran seseorang dari track record-nya. Cari tahu saja melalui teman-teman yang dekat dengannya.

Carilah partner yang amanah.

Maksudnya amanah adalah partner kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini penting dikarenakan ketika kamu memiliki partner yang bertanggung jawab maka ia akan memiliki motivasi untuk melakukan yang terbaik untuk bisnis kamu. Tugas-tugas yang diberikan kepadanya pasti akan dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

Carilah partner yang cerdas.

Konteks cerdas di sini tidak hanya ia memiliki skill dan pengetahuan secara IQ tapi juga secara emosional. Akan sangat berbahaya apabila kamu memiliki partner bisnis yang mudah membawa emosinya ke dalam pekerjaannya.

Hal ini membuat ia menjadi tidak profesional dan alhasil bisnis kamu pun akan kena dampaknya. Oh ya kamu juga perlu pastikan bahwa partnermu adalah orang yang memiliki keinginan untuk terus belajar. Agar ilmunya tidak stagnan dan bisa diterapkan di bisnismu sesuai perkembangan zaman.

Carilah partner yang mampu berkomunikasi.

Komunikasi juga menjadi poin penting dalam bisnis. Ketika komunikasi sudah menjadi kendala maka bisnismu juga akan terkendala. Misalkan terdapat masalah dalam bisnismu. Partnermu mengetahui hal tersebut. Namun, ia tidak mengkomunikasikannya kepadamu. Alhasil, masalah tersebut membesar dan bisnismu akan merugi bahkan bangkrut.

Itulah 4 tips mencari partner bisnis dari Qazwa. Sangat sesuai dengan 4 sifat Nabi yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh. Yuk buat kamu jangan sampai salah pilih partner bisnis ya.


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.