Inilah beberapa Tools untuk Mencatat Keuanganmu

0
926
tools untuk mencatat keuangan

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas tentang pentingnya mencatat keuangan. 
Kalau sudah paham bahwa mencatat keuangan itu sangat penting. Maka saat ini sudah saatnya untuk mulai mencatat keuangananmu.

Untuk mencatat keuangan tentu perlu alat atau tools -nya. Sebagaimana kalau kita mencatat tentunya perlu tools berupa buku dan alat tulis. Pada artikel kali ini , akan dibahas beberapa tools yang mendukung untuk mencatat keuanganmu


Spreadsheet Microsoft Excel

Ini yang paling mudah meriah. Kamu tinggal buat saja kolom-kolom pemasukan dan pengeluaran. Tanpa perlu download apalagi beli. Karena microsoft excel sudah pasti ada di setiap komputer.

Sayangnya, kalau kamu menggunakan software ini. Kamu perlu mengeluarkan effort yang lebih. Karena ini lebih ribet, apalagi buat kamu yang tidak memahami ilmu akuntansi atau tidak pernah mencatat keuangan.


Menggunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pencatatan keuangan. Ada aplikasi karya anak bangsa (lokal) dan juga internasional.

Aplikasi tersebut dapat kamu akses melalui gawai milikmu. Tersedia pada 2 versi OS yaitu android dan ios. Apa saja aplikasinya?

Dompet Sehat

Sebuah aplikasi yang dibuat oleh sekumpulan anak muda di Joga. Aplikasi ini membantu kamu mencatat pengeluaran, menyusun budget atau rencana anggaran. Yang menarik, aplikasi ini bisa kamu sambungkan langsung dengan rekening bank tempat kamu menyimpan uang.

Finansialku

Aplikasi ini didirikan di daerah tempat kantor RnD Bukalapak berada. Yap, di Bandung. Aplikasi ini membantu kamu untuk bisa langsung mencatat aktivitas keuangan, membuat anggaran dan merencanakan keuangan. Juga, bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dan mengecek kesehatan keuangan melalui fitur financial check up.

Wallet

Ini adalah salah satu aplikasi internasional. Aplikasi ini dikembangkan di Republik Ceko. 
Dalam aplikasi ini kamu dibantu untuk merencanakan anggaran secara fleksibel serta melacak pengeluaran sehingga tetap terkontrol. Transaksi disinkronisasikan dengan bank kamu secara otomatis dan aman, dikategorikan secara cerdas, dan dimasukkan ke dalam anggaran.

Jenius

Aplikasi yang dibuat oleh Bank BTPN ini memberikan salah satu fitur yang sangat menarik. Fitur tersebut adalah Dream Saver. Fitur ini akan membantu kamu untuk menghitung berapa lama kamu harus menabung untuk bisa mewujudkan impianmu, yaitu membeli barang yang ingin kamu beli.

Misal, kamu ingin beli HP Iphone X. Kamu masukan harga iphonenya berapa, berapa uang yang kamu miliki sekarang dan kapan kamu akan beli barang tersebut. Nanti jenius akan menampilkan gap antara uang yang kamu butuhkan dan uang yang kamu punya sekarang. Selain itu, kamu juga akan diberikan countdown (misal : 95 hari lagi) dan akan disarankan jumlah uang yang harus kamu tabung.

OVO

Aplikasi E-wallet yang lagi fenomenal ini bahkan menjadi pesaing Go-pay tidak hanya memberikan kemudahan dalam transaksi. Tetapi juga memberikan fitur berupa budgeting . Pada fitur ini kamu bisa melakukan pencatatan terkait pengeluaranmu yang kamu akan alokasikan. Kamu bisa memilih kategori pengeluaran seperti kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Itu dia beberapa tools untuk mencatat keuanganmu. Yuk mulai mencatat dari sekaran


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.