7 Tips Work From Home Agar Bisa Lebih Produktif

0
338
work from home

Ditengah maraknya wabah covid-19 ini pemerintah menganjurkan untuk para pekerja untuk melakukan work from home.

Kebijakan tersebut dilakukan agar orang-orang tidak lagi keluar rumah sehingga penyebaran virus corona bisa diantisipasi.

Berdasarkan fakta, virus corona dapat dengan mudah tersebar karena adanya interaksi. Interaksi tersebut bisa melalui kontak fisik ataupun kontak dengan benda-benda yang ada di sekitar.

Sehingga untuk mengurangi meluasnya penyebaran virus tersebut masyarakat harus melakukan social distancing yang kemudian memunculkan kebijakan work from home.

Namun, tidak semua elemen bisa melakukan work from home. Ada orang-orang yang tidak bisa mengerjakannya. Hal tersebut dilakukan karena adanya tuntutan ekonomi yang mana ketika ia tidak bekerja maka ia tidak akan mendapatkan penghasilan.

Seperti ojek online dan pedagang kaki lima.

Selain itu, ada juga tuntutan profesi yang memang mereka harus berada di lapangan. Seperti polisi, satpam, dan sebagainya.

Ada juga yang berjuang di garda terdepan merawat pasien yang terjangkit Covid-19 yaitu setiap petugas rumah sakit, dokter, suster dan sebagainya.

Nah, kondisi work from home seringkali membuat orang menjadi mager alias malas melakukan aktivitas. Bawaannya pengen rebahan terus.

Buat kamu yang sekarang mendapatkan kebijakan work from home, inilah 7 tips agar kamu bisa produktif mesti di rumah.

work from home
sumber: unsplash.com

Bangun Lebih Pagi

Tips pertama untuk bisa lebih produktif adalah dengan mulai bangun lebih pagi. Hal yang harus diwaspadai bagi mereka yang bekerja dari rumah adalah keinginan untuk bangun lebih siang.

Karena mereka merasa tidak perlu lagi bangun pagi karena tidak perlu ke kantor. Nah, ini adalah pemahaman yang salah. Meskipun kamu bekerja dari rumah, tetaplah kamu bangun lebih pagi.

Dengan bangun lebih pagi, maka kamu akan lebih banyak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan produktif. Kalau kamu membiarkan diri tidur sampai siang maka akan banyak waktu yang terbuang.

Baca Juga: Doa Bangun Tidur (Arab, Latin dan Terjemahan)

work from home
sumber: unsplash.com

Buatlah Rancangan Kerja

Jangan biarkan dirimu kosong pada hari dimana kamu mulai melakukan work from home. Mungkin kamu terbiasa datang ke kantor kemudian diarahkan oleh atasan untuk mengerjakan suatu hal.

Karena kamu sudah tidak di kantor maka kamu sendirilah yang harus mulai membuat perancangan terhadap pekerjaan yang akan kamu lakukan.

Buatlah rancangan dengan durasi yang sama seperti halnya jam kerja. Bila jam kerjamu adalah 8 jam maka buatlah rancangan pekerjaan yang akan kamu lakukan selama 8 jam.

work from home
sumber: unsplash.com

Jangan Terlalu Banyak Main Sosmed

Hal yang sering membuat kita terdistraksi atas sebuah pekerjaan yang sedang kita lakukan adalah karena kita terlalu sibuk bermain sosial media.

Inilah yang membuat kita seringkali tidak fokus terhadap pekerjaan. Tips work from home selanjutnya adalah membatasi diri dalam bermain sosial media.

Gunakan sosial media seperlunya saja seperti menanggapi chat masuk yang berhubungan dengan pekerjaan. Menggunakan instagram untuk memposting konten atau menanggapi komen akun perusahaan dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Work From Home
sumber: unsplash.com

Lakukan Meeting Online dengan Tim

Tidak bertemu di kantor bukan berarti kamu tidak melakukan koordinasi sama sekali. Lakukanlah meeting online dengan tim untuk membahas pekerjaan bersama.

Dengan adanya meeting online sebuah pekerjaan dapat dibagi secara proporsional kepada anggota tim. Kamu juga akan lebih efektif dalam bekerja.

Meeting online bisa dilakukan dengan aplikasi tatap muka online seperti zoom, skype, line call dan sejenisnya.

work from home
sumber: unsplash.com

Siapkan Cemilan

Kamu pasti akan merasa bosan ketika hanya bekerja tanpa adanya cemilan. Untuk menemani kerjamu di rumah maka tips work from home selanjutnya adalah menyiapkan cemilan sebagai teman kerjamu.

Dengan menyiapkan cemilan setidaknya akan menghilangkan rasa bosan pada dirimu. Kemudian ini juga akan membuat pikiran lebih tenang. Usahakan cemilan tersebut adalah yang memiliki gizi yang bagus sehingga kamu bisa tetap sehat. Jangan makan micin ya.

Baca Juga: 9 Pilihan Takjil yang Nikmat di Bulan Ramadhan

tips produktif
sumber: unsplash.com

Jangan Bekerja di Kasur

Kebiasaan generasi milenial adalah mengerjakan tugas mereka di kasur. Hal ini dilakukan karena mereka merasa adanya kenyamanan ketika bekerja sambil rebahan.

Namun, bekerja di kasur memiliki risiko yaitu risiko ketiduran dan tingkat kemalasan orang yang bekerja di kasur akan lebih tinggi daripada yang bekerja di atas meja sambil duduk.

Alhasil kamu tidak akan produktif ketika bekerja di atas kasur.

Hindari kasur, bangun dari tempat tidur dan mulailah bekerja pada posisi yang proper.

tips produktif
sumber: unsplash.com

Sisihkan Waktu untuk Istirahat

Jangan porsir tenaga dan otakmu untuk bekerja terus-terusan seharian.

Meskipun kamu bekerja di rumah, kamu perlu menyisihkan waktu untuk istirahat sesekali. Hal ini dilakukan untuk merefresh pikiranmu. Seringkali pekerjaan yang banyak membuat otak banyak berpikir.

Agar otak bisa tenang maka kamu perlu sesekali untuk beristirahat. Biarkan otak kembali tenang agar bisa kembali berpikir dengan jernih.

Kesimpulan

Demikianlah 7 tips work from home yang bisa kamu lakukan selama masa wabah covid-19 ini. Semoga tips ini bisa membuat kamu bisa lebih produktif meskipun bekerja dari rumah.

Kita juga sama-sama berdoa agar wabah ini bisa segera selesai sehingga bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here